Kodim 0709/Kbm dan Warga Bangun Jembatan Darurat

TNI dari Kodim 0709/Kebumen bersama warga Sempor bergotong royong membangun jembatan darutat

TNI dari Kodim 0709/Kebumen bersama warga Sempor bergotong royong membangun jembatan darutat

SEMPOR – TNI dan warga Desa Somagede Kecamatan Sempor, Kebumen membangun jembatan darurat di jalan yang putus sepanjang enam meter akibat longsor, baru-baru ini.

Anggota TNI yang dilibatkan dalam kerja bakti itu sebanyak 12 orang, sedangkan warga Desa Somagede sebanyak 50 orang. Mereka antusias membangun jembatan darurat yang terbuat dari bambu tersebut. Tidak hanya berswadaya tenaga, mereka juga menyumbangkan bahan bangunan untuk pembuatan jembatan yang menghubungkan antar dusun di Desa Somagede itu. “Karena dikerjakan secara bergotong royong, pembangunan jembatan darurat itu bisa diselesaikan dalam waktu sehari,” tegas Danramil 03 Sempor Kapten Inf Agus Handoyo. Kini, jembatan tersebut sudah bisa difungsikan.

Kepala Desa Somagede, Samsi mengatakan, sebelum dibangun jembatan darurat, pihaknya sudah melaporkan adanya kejadian longsor tersebut kepada Pemkab. “Karena belum ada tanggapan kami kemudian berkoordinasi dengan Babinsa Kopral Mulyatno,” katanya. Koordinasi tersebut untuk mencari solusi yang cepat dan tepat agar aktivitas warga di empat RT yang terisolasi itu bisa pulih kembali.

Kopral Mulyatno pun lantas melaporkan kepada Danramil Kapten Agus Handoyo dan direspon untuk membangun jembatan darurat. Kapten Agus Handoyo memimpin langsung pembuatan jembatan di Dusun Pasuruan Desa Somagede itu. Menurutnya, penanganan yang masih bersifat sementara itu perlu ditindaklanjuti dengan pembuatan jembatan secara permanen. “Ini bisa dilaksanakan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) atau Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM),” jelasnya. [Serda Machfud s Anggota stafterdim]

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *