Budidaya Beras Herbal

Budidaya Beras Herbal

Budidaya Beras Herbal

Gapoktan Mitra Tani Desa Tresnorejo Kec. Petanahan Kab. Kebumen berhasil  membudidayakan varietas beras merah dan beras putih, yang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh yaitu beras herbal, Gapoktan Mitra Tani Desa Tresnorejo Kec. Petanahan Kab. Kebumen yang telah menjadi mitra Koramil 16/Petanahan untuk membudidayakan beras merah dan beras putih sebagai beras herbal yang sehat untuk dikonsumsi tubuh.

Sekilas penjelasan tentang kedua jenis varietas beras tersebut.

Secara umum nasi (beras putih) adalah sangat baik bagi kesehatan, karena ia merupakan sumber asam amino, karbohidrat kompleks, vitamin B dan serat. Karena serat dan karbohidrat kompleks inilah yang membuat kita lebih lama merasa lapar kembali, namun beras hasil proses tradisional jauh lebih baik daripada beras poles putih, hal ini karena beras yang diproses tradisional tidak benar-benar membersihkan lapisan dedak, dimana yang paling tinggi mengandung serat dan vitamin B.

Lalu bagaimana dengan beras merah…….?

Beras merah atau beras putih sebenarnya adalah dalam satu varietas, namun secara kasat mata bisa dibedakan dari warna beras merah yang agagk gelap kecoklatan. Secara harga beras merah tentu lebih tinggi karena ia merupakan beras dari jenis padi yang tidak banyak dibudidayakan.

Bagaimana soal gizi……?

Secara gizi beras merah lebih unggul daripada beras putih, karena mengandung zat yang dikenal dengan sebutan antosianin. Senyawa yang terdapat pada lapisan warna merah pada jenis beras ini dan bermanfaat sebagai antioksidan, anti kanker, anti glisemik tinggi yang artinya baik untuk diabetes, serta anti hipertensi. Biji padi terdiri dari tiga bagian, yaitu lapisan luar (sekam), lapisan kulit ari, dan biji (beras). Proses yang baik untuk memisahkan antara sekam dan biji padi adalah dengan cara tradisional (ditumbuk pecah), karena cara ini tidak banyak merusak kandungan gizi penting yang terdiri dari serat, minyak esensial serta vitamin dan mineral yang mencakup vitamin, B, A, Fosfor, Selenium, Mangan, Kalium dan Magnesium. Proses modern yang lebih canggih justru akan membersihkan lapisan kulit ari yang bergizi tinggi ini.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *