Dandim 0709/Kebumen Membekali Para Pelajar Tentang Bela Negara

Dandim 0709/Kebumen membekali para pelajar tentang Bela Negara

Dandim 0709/Kebumen membekali para pelajar tentang Bela Negara

Dandim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H mengawali kegiatan dengan bersama 108 siswa SMK Tamtama kelas X, XI dan XII sebelum memberi ceramah pembekalan, Bela Negara dalam Sistem Pertahanan Negara, menyampaikan pengantar ceramah, berpesan kepada siswa untuk serius, fokus dan merenungkan, mencatat dalam hati serta mengaktualisasikan ceramah Dandim dalam kehidupan sehari-hari.

Ditekankan oleh Dandim bahwa Bela Negara tidak menunggu sampai seseorang menjalani satu profesi, hal itu terlalu terlambat. Sikap dan perilaku bela Negara harus dipersiapkan dan diasah sehingga tidak tumpul saat diperlukan suatu hari nanti. Nilai-nilai dasar yang perlu diketahui dan dipahami sudah mulai dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari dan kelak diperaktekkan dalam masyarakat.

Adapun 5 nilai dasar bela Negara adalah :

  1. Rasa cinta tanah air. Sebagai wujud cinta tanah air, warga Negara Indonesia harus bangga menjadi orang Indonesia.
  2. Kesadaran berbangsa dan bernegara. Kesadaran tersebut diperoleh dengan pendidikan, pelatihan, tradisi, mengikuti organisasi dll. Tata cara makan, misalnya adalah latihan untuk tertib.
  3. Fondasi yang kokoh. Fondasi Negara adalah 5 sila Pancasila. Pancasila tidak kita hafalkan tetapi merasuk dalam diri para siswa. Kalau siswa mengabaikan fondasi ini maka tidak akan ada adrenalin tidak ada retensi membela kepentingan Negara.
  4. Rela berkorban. Warga Negara harus rela berkorban untuk prinsip kepentingan Negara dan bangsa.
  5. Kemampuan fisik dan non fisik. Kemampuan non fisik misalnya adalah bertakwa pada Tuhan YME.

Siswa harus konsekuen dan konsisten dalam menjalankan perintah agamanya. Siswa harus memiliki kemampuan intelektual dan emosional. Adapun kemampuan fisik dicerminkan dalam kemampuan siswa menjaga kesehatan yang prima. Dengan demikian maka siswa memiliki kemampuan awal bela Negara.

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *