Kodim 0709/Kebumen Gelar Simulasi Bencana

    Kodim 0709/Kebumen Gelar Simulasi Bencana

    Kodim 0709/Kebumen Gelar Simulasi Bencana

    KODIM 0709/KEBUMEN, Kamis (15/1) Kodim 0709/Kebumen bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen melaksanakan simulasi gladi penanggulangan bencana banjir dan longsor di Desa Widoro Kec. Karangsambung Kab. Kebumen dengan melibatkan 400 personel gabungan dari BPBD, Kodim 0709/Kebumen, Polres Kebumen, SAR, PMI, Petugas medis dan Komunitas rescue.

    Simulasi bencana tersebut untuk melihat sejauh mana kesiapan institusi-institusi yang berada dalam satuan penanggulangan bencana, hal ini diperlukan karena penanganan bencana alam, tidak dapat ditangani satu institusi saja, tapi melibatkan semua pihak.

    Disela-sela simulasi tersebut Komandan Kodim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H mengungkapkan, fokus dalam simulasi penanganan evakuasi dan penanganan lanjutan korban ketika berada ditempat pengungsian dengan melibatkan masyarakat dan instansi/lembaga pemerintah sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya.

    Ketika nanti ada bencana mereka sudah siap. Karena disini sudah terbagai dalam beberapa klaster. klaster keamanan, klaster evakuasi, klaster dapur umum, klaster pemulihan. Itu yang kita simulasikan, sehingga nanti penanganan bencana akan lebih cepat, akurat dan terkoordinasi,” papar Dandim.

    “Terkait dengan hal itu kita aplikasikan ke tugas pokok Kodim, untuk mendukung persiapan untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan longsor. Ini merupakan wujud aplikasi kegiatan secara sinergiritas. keterlibatan TNI harus menunggal dengan rakyat dalam setiap menghadapi kesulitan di wilayah kita selalu ada disitu,” katanya

    Melalui simulasi, diharapkan ada keseriusan BPBD untuk memperbaiki manajemen kebencanaan, terutama dalam penyajian data & informasi kebencanaan yang terpadu, cepat, akurat, dan mudah diakses media maupun masyarakat.

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *