Kodim 0709/Kebumen Menggelar Apel Kesiapan Bencana

Kodim 0709/Kebumen Menggelar Apel Kesiapan Bencana

Kodim 0709/Kebumen Menggelar Apel Kesiapan Bencana

KODIM 0709/KEBUMEN, Kamis (15/1) Bertempat di lapangan Bumi Perkemahan Widoro Kec. Karangsambung Kab. Kebumen dilaksanakan kegiatan upacara gelar pasukan kesiapan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Kebumen.

Kegiatan yang diikuti oleh 10 instansi pemerintah di wilayah Kabupaten Kebumen yang terdiri dari Kodim 0709/Kebumen, Polres Kebumen, BPBD Kebumen, Pemerintah Daerah Kab. Kebumen dan Organisasi Kemasyarakatan mengikuti upacara gelar pasukan, bertujuan untuk membentuk koordinasi dengan seluruh unsur yang terkait dengan kebencanaan.

Pihak BPBD Kab. Kebumen dalam gelar pasukan persiapan penanggulangan bencana dengan mengikutsertakan 3501 personel, bertindak selaku inspektur upacara Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H, dalam sambutannya Dandim mengatakan bahwa apel gelar pasukan kesiapan bencana ini sangat penting dilaksanakan guna terjalin koordinasi antar unsur yang nantinya terlibat dalam operasi kebencanaan. Dalam apel juga digelar sarana dan prasarana serta peralatan yang akan digunakan untuk penanggulangan bencana.

Dandim 0709/Kebumen juga menambahkan bahwa hakekat penanggulangan bencana untuk mengurangi resiko dan menekan dampak bencana terhadap masyarakat, oleh karena itu segala upaya penanggulangan bencana bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana, untuk mencapai tujuan tersebut harus dilaksanakan secara terencana, teradu, terkoordinir dan menyeluruh.

Seringnya bencana alam yang melanda di beberapa titik wilayah Kab. Kebumen pada beberapa waktu yang lalau membuat pemerintah daerah harus kerja extra keras. yang menyebabkan banyak kerugian materil, bahkan cukup banyak warga yang harus kehilangan harta bendanya. Bencana alam yang terjadi ini dipicu juga dengan kondisi dan cuaca yang tidak menentu sehingga menyebabkan terjadinya bencana yang tidak diduga.

apel4

apel6

 

 

 

 

 

 

apel-2

IMG_7296

 

 

 

 

 

apel5

apel7

 

 

 

 

 

 

 

Apel akbar siaga bencana yang dilaksanakan ini, dimaksud untuk mengetahui dengan tepat kekuatan yang telah dipersiapkan untuk menanggulangi permasalahan apabila terjadi peristiwa bencana, khususnya banjir dan longsor yang mengancam masyarakat dimusim penghujan sekarang ini. Diharapkan TNI-Polri, Pemda, Instansi Teknisi serta organisasi masyarakat selalu menjadi garda terdepan dalam penangulangan bencana dengan tetap berada dalam koridor aturan yang berlaku sehingga menjadi jalan pemecahan dalam menanggulangi keadaan bencana tanpa memperburuk masalah akibat pembenturan ketentuan aturan-aturan yang berlaku. Langkah langkah yang harus ditempuh berupa mitigasi guna mencegah terjadinya korban jiwa maupun harta benda. Adapun tema kali ini ialah Penanggulan bencana merupakan tanggungjawab bersama pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *