Kodim 0709/Kebumen Peduli Penghijauan Greenbelt

Kodim 0709/Kebumen Peduli Penghijauan Greenbelt

Kodim 0709/Kebumen Peduli Penghijauan Greenbelt

KODIM 0709/KEBUMEN, Kamis (22/1) Dandim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H menginstruksikan kepada jajarannya agar setiap Koramil melaksanakan kegiatan penghijauan secara tersebar di wilayah binaan masing-masing, penghijauan yang meliputi berbagai macam jenis tanaman mulai dari jenis pohon Jati, pohon akasia, pohon mahoni dan pohon jabon, maka atas dasar perintah tersebut disetiap sudut wilayah Kab. Kebumen dilaksanakan aksi gerakan peduli penghijauan sebagai langkah nyata pelaksanaan perintah dari pimpinan atas.

Atas dasar tersebut, maka Kodim 0709/Kebumen melakukan suatu aksi gerakan peduli penghijauan yang bekerjasama dengan jajaran Instansi terkait dilingkungan Pemerintah Daerah Kab. Kebumen. Pelaksanaan gerakan peduli penghijauan secara simbolis dipusatkan di Desa Kedungwringin Kec. Sempor Kab. Kebumen dengan jumlah bibit 5600 batang pohon terdiri dari bibit pohon jati 3000, akasia 2000, mahoni 500 dan jabon 100 batang dengan melibatkan 420 personel dari berbagai lapisan masyarakat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Lingkungan Hidup Kab. Kebumen Ir. H. Masagus Herunoto, M.Si, Kadishutbun Ir. Junaedi, M.Si, Asper BKPH Gombong utara Bpk. Yuliono, Muspika Kec. Sempor, Danramil jajaran Dim 0709/Kebumen, Polres Kebumen, perwakilan Secata Gombong, Danpos AL Kec. Ayah, Perangkat Desa se-Kec. Sempor, para Gapoktan Desa Kedungwringin, FKPPI Kab. Kebumen, Minvet Cad Gombong, Linmas se-Kec. Sempor, Masyarakat, pelajar SD dan pelajar SMP.

Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Staf Kodim Mayor Arm Edy Supardjo mengatakan, “Aksi Gerakan Peduli Penghijauan di Sabuk Hijau (Greenbelt) Waduk Sempor yang dicanangkan oleh Kodim 0709/Kebumen merupakan upaya pencegahan terhadap perubahan iklim dan Global Warming  yang cukup meresahkan masyarakat dunia. Tentunya kita mengetahui bahwa dampak yang ditimbulkan dari pemanasan Global cukup memprihatinkan dan semakin hari bumi justru semakin kritis dan lapisan ozon semakin menipis, lanjut beliau,

Tuhan menitipkan bumi ini kepada kita, seharusnya kita semua menjaganya bukan merusaknya, atas dasar tersebut Kodim 0709/Kebumen mencanangkan gerakan peduli penghijauan guna memberikan ruang hijau yang telah hilang selama ini, “ ujar Kasdim,

Tepat pada tanggal 22 Januari 2015 dilaksanakan aksi gerakan peduli penghijauan (Go Green), di wilayah Kab. Kebumen sebagai sendi kehidupan kita. Pemanasan global dunia hanya dapat dicegah atau diminimalisasi melalui aksi penghijauan dan penanaman pohon secara berkesinambungan. Seluruh komponen memiliki kewajiban melakukan penghijauan termasuk menjaga kebersihan. Sebab daya dukung lingkungan erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat.

Sabuk hijau atau Greenbelt merupakan salah satu konsep penting yang tidak bisa  dipandang dari fungsi fisik, tetapi juga fungsi ekologi dan juga fungsi sosial sekaligus, mengakomodir sarana rekreasi alam, produksi pertanian, fungsi lindung dan fungsi hutan.

Pentingnya gerakan penghijauan bagi lingkungan sekitar kita tentunya akan bisa berpengaruh baik terhadap manusia dan spesies yang ada di dekatnya. Beragam bentuk kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara, pencemaran air, dan menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam, banjir, longsor, kebakaran hutan dan krisis air bersih. Hal ini lama kelamaan akan dapat berdampak global pada lingkungan yang akan mengakibatkan menurunya angka kesehatan masyarakat itu sendiri.

Gerakan penghijauan adalah salah satu cara untuk menangani hal tersebut dan percaya bahwa langkah awal yang dilakukan saat ini akan mempunyai dampak besar terutama bagi kelangsungan hidup mahluk-mahluk lainnya di masa yang akan datang.

Pentingnya sabuk hijau atau Greenbelt adalah  untuk menjaga kawasan pertaniankehutanan  dan kawasan terbuka hijau untuk tetap membentang. Tujuan mendasarnya adalah sabuk hijau untuk mencegah meledaknya urbanisasi dengan menjaga lahan terbuka secara permanen, karena atribut yang paling penting dari sabuk hijau yaitu keterbukaan mereka. Dari pengertian tersebut, kita bisa mengetahui tujuan dari gerakan penghijauan.

Dandim juga menambahkan dalam sambutannya, “Agar kita lebih peduli dengan lingkungan dan memperhatikan kepentingan lainnya, tumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara pelestarian lingkungan maka penghijauan sangat mudah dilakukan apabila ada kemauan dari masing-masing individu, karena manfaat penghijauan sangat besar untuk kesehatan kita. Saya mengajak kepada masyarakat agar melakukan penghijauan secara berkesinambungan dan harus yakin bahwa kegiatan ini membawa dampak positif. Peran serta masyarakat dalam menanam pohon untuk penghijauan sangat penting sekaligus menjaga pohon-pohon yang telah ditanam dengan dirawat dan dipelihara,” pungkasnya.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *