Kodim 0709/Kebumen Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H/2015 M

Kodim 0709/Kebumen Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H/2015 M

Kodim 0709/Kebumen Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H/2015 M

KODIM 0709/KEBUMEN, Kamis (15/1) Sebagai ungkapan rasa  syukur  kepada  Allah  SWT  yang memberikan  rahmat,  nikmat   dan  karunia-Nya, Keluarga Besar Kodim 0709/Kebumen, Persit KCK Cabang XXIX Kodim 0709/Kebumen melaksanakan peringatan Maulid Nabi Agung Muhammad SAW sekaligus  kegiatan arisan Persit Bulanan bertempat di Aula Makodim 0709/Kebumen. Acara  dipimpin langsung oleh  Komandan  Kodim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H dengan menghadirkan penceramah Bapak KH.  Abdul Khamid dari Dinas Kementerian Agam Kab. Kebumen tentang ketauladanan Nabi Muhammad SAW 1436 H/2015 M.

Mengawali sambutannya, Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai sarana silaturahmi Keluarga Besar  Kodim 0709/Kebumen  sekaligus  peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dalam meningkatkan ukhuwah Islamiyah. Karena itu, sepatutnya memetik kandungan makna dan hikmahnya, serta mengimplementasikannya dalam kehidupan.

Kepada  segenap  prajurit  dan   PNS   Kodim 0709/Kebumen, Dandim mengajak  peningkatan tanggungjawab dengan melandasi semangat kecintaan dan kebanggaan terhadap satuan ini, saya yakin  dan  percaya bahwa prajurit seluruhnya dapat melaksanakan semua  tugas di  tahun 2015  dengan baik dan lancar, ujar Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H.

Menurut KH. Abdul Khamid Wakil Ketua MUI Kebumen, dengan memperingati maulid yang didalamnya juga mereview atau mengulas sekilas sejarah lahir dan perjalanan hidup, termasuk akhlak Rasulullah Muhammad SAW, ini dimaksudkan untuk menyegarkan ingatan atau memori kita tentang Rasulullah SAW, kata Ustadz Khamid, sapaan akrabnya.

Terkait akhlak Rasulullah yang patut menjadi teladan bagi segenap umat Islam, beliau menjelaskan  bahwa Rasulullah Muhammad SAW diutus oleh ALLAH di muka bumi ini untuk memberikan tauladan yang baik. Hal tersebut relevan dengan sabda Nabi; “Sesungguhnya aku (Rasulullah) diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia” ujar Ustadz Khamid mengutip hadits Nabi SAW.

Di hadapan 250 anggota Kodim, Persit dan PNS yang hadir, Ustadz Khamid mengajak untuk merenungkan penegasan ALLAH di dalam Al Quran surah Al Hujurat ayat 10. “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu bersaudara. Karena itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat,” katanya mengutip Firman ALLAH.

Ia menjelaskan, Ayat tersebut merupakan Pernyataan ALLAH yang menegaskan betapa pentingnya persaudaraan sesama untuk dijaga. Karena itu pada ayat selanjutnya, ALLAH menuntut sekaligus menuntun orang-orang yang beriman untuk menghindari beberapa sikap atau perbuatan yang dapat merusak persaudaraan.

ALLAH mengingatkan, Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum menghina atau mengokok-olok suku yang lain, boleh Jadi yang dihina itu lebih baik dari yang menghina. Dan jangan pula wanita merendahkan wanita lainnya, boleh jadi wanita yang dihina itu lebih baik dari yang menghina, dan janganlah suka mencela dirimu sendiri, dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman. Dan Barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim, “imbuh Ustadz Khamid mengulas Firman ALLAH surah Al Hujurat ayat 11.

Kata dia, Rasulullah sebagai uswatun hasanah atau suri tauladan, pada diri Beliau terdapat sejumlah ketedalanan sifat atau perbuatan yang patut diimplementasikan, antara lain Shiddiq yaitu selalu jujur atau tidak berdusta, Amanah yang berarti dapat dipercaya bahkan terpercaya dalam mengemban tanggungjawab, Tabligh artinya menyampaikan dengan benar, serta Fathanah yang bermakna cerdas.

Pada kesempatan itu, dia juga mengajak anggota Kodim untuk berupaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas ibadah, seperti Shalat Fardu, Shalat Sunnah, Shadaqah dan lain sebagainya.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *