Koramil 12/Ambal Manfaatkan Lahan Pekarangan

Koramil 12/Ambal Manfaatkan Lahan Pekarangan

Koramil 12/Ambal Manfaatkan Lahan Pekarangan

Pemanfaatkan lahan pekarangan sekitar area Makoramil 12/Ambal merupakan penjabaran dari perintah Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H agar setiap lahan dan pekarangan yang ada dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendukung tercapainya kebutuhan dapur keluarga, disamping itu pula pemanfaatan lahan pekarangan juga sebagai penyuplai gizi keluarga untuk mendukung ketahanan pangan rumah tangga menuju keluarga yang sehat, produktif dan berkualitas, hal ini harus disosialisasikan kepada masyarakat dan tetap koordinasikan dengan instansi terkait, ujar Dandim disela-sela rapat stafnya, Senin (12/1).

Dalam kegiatannya Koramil 12/Ambal Dim 0709/Kebumen juga memiliki tujuan agar masyarakat bisa mencontoh hidup sehat, sebab hanya dalam kondisi sehat orang bisa berfikir cemerlang dan tentu saja akan lebih produktif. Pada sebagian kalangan masyarakat berkembang opini yang sudah cukup mendalam bahwa, untuk bisa hidup sehat pasti diperlukan biaya yang tidak sedikit karena tubuh memerlukan berbagai macam asupan gizi, baik yang diperoleh dari produk/makanan impor maupun makanan-makanan yang telah siap saji.

Namun tidak demikian halnya bagi orang yang mau berbuat, tahu bagaimana cara berbuat dan bagaimana berusaha memanfaatkan apa yang dimiliki, tentunya opini tersebut dapat dipatahkan. Kunci murah dan mudah untuk dapat hidup sehat sangatlah sederhana jika setiap orang mau meluangkan waktu untuk melakukan pengelolaan dalam pekarangan rumah/lingkungan perkantoran.

Jika dikelola dengan baik pekarangan rumah/lingkungan perkantoran dapat memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga seperti : sumber pangan dan juga sebagai sumber pendapatan. Pemanfaatan lahan pekarangan baik di daerah pedesaan maupun perkotaan bisa mendukung ketahanan pangan rumah tangga dengan memberdayakan potensi disekitar lingkungan tempat tingal kita masing-masing.

Pemanfaatan lahan pekarangan rumah/perkantoran merupakan salah satu alternatif untuk mewujudkan kemandirian pangan dalam rumah tangga, kenapa bisa demikian ? kegiatan ini sudah barang tentu masyarakat akan menjadi terbiasa dan terdidik untuk memanfaatkan potensi yang ada  walau hanya sejengkal tanah,  soal kebutuhan pangan dan gizi keluarga tidak perlu dipusingkan lagi, pendapatan keluarga juga akan bertambah, ujar Danramil 12/Ambal Kapten Inf Rubisa.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *