Koramil 13/Buluspesantren Bersama Warga Perbaiki Kondisi Tebing

Koramil 13/Buluspesantren Bersama Warga Perbaiki Kondisi Tebing

Koramil 13/Buluspesantren Bersama Warga Perbaiki Kondisi Tebing

KODIM 0709/KEBUMEN SELASA (13/1), Rumah Bpk Ahmad (45) warga Desa Rantewringin RT 2/3, Kecamatan Buluspesantren Kab. Kebumen terancam rawan longsor akibat erosi sungai Lukulo Kebumen.

Akibat curah hujan yang sempat menggerus tepian tebing sungai Lukulo menggugah Koramil 13/Buluspesantren Kodim 0709/Kebumen bersama dengan masyarakat melaksanakan kegiatan penanganan perbaikan tebing yang kondisinya rawan dan hamper mengenai perumahan warga dengan membuat penahan tebin dari karung berisi tanah sebagai langkah antisipasi labilnya tebing tersebut.

Dalam kegiatannya masyarakat Desa Rantewringin menghendaki adanya bantuan pemerintah daerah Kabupaten Kebumen berupa pemasangan bronjong kawat agar longsoran tebing tersebut tidak meluas dan dapat teratasi.

Danramil 13/Buluspesantren Kapten Arh Siswoto Nurharjo mengatakan bahwa sebenarnya kejadian longsor ini dapat ditanggulangi sejak dini yaitu dengan melakukan pengujian daya dukung tanah terlebih dahulu. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat tanah di daerah tersebut. Pengujian ini mungkin patut dilakukan oleh pemerintah setempat pada daerah-daerah yang rawan longsor.

Longsor ini terjadi setelah hujan deras terus menggguyur kawasan tersebut. Karena tidak kuat menahan beban, tebing setinggi 12 meter itu pun longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen meminta warga lebih waspada terutama saat musim hujan. Kabupaten Kebumen diketahui sebagai wilayah siaga longsor.

Pengujian daya dukung tanah tersebut dapat dilakukan dengan alat pengujian Soil Bearing Tester TMR-DWproTMR-DWpro memungkinkan untuk cepat menentukan dengan cara yang tidak rumit, bantalan tanah kapasitas dan kualitas pemadatan tanah, non-kohesif sub-basa, dan perbaikan perkerasan.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *