Koramil 20/Buayan Gelar Kesenian Ketoprak Muspika

Koramil 20/Buayan Gelar Kesenian Ketoprak Muspika

Koramil 20/Buayan Gelar Kesenian Ketoprak Muspika

KODIM 0709/KEBUMEN, Minggu (21/1) Bertempat di halaman Kec. Buayan Kebumen digelar kesenian tradisional ketoprak, namun kali ini para pemainnya jajaran Muspika Kec. Buayan, terwujudnya kesenian ketoprak hasil kerjasama dan koordinasi antar Muspika Kec. Buayan dengan mengambil lakon ketoprak humor makaryo Deso.

Ketoprak dalam bahasa jawa kethoprak adalah sejenis seni pentas yang berasal dari Jawa.  Dalam sebuah pentasan ketoprak,sandiwara yang diselingi dengan lagu-lagu Jawa, yang diiringi dengan gamelan disajikan. Tema cerita dalam sebuah pertunjukan ketoprak bermacam-macam. Biasanya diambil dari cerita legenda atau sejarah Jawa. Banyak pula diambil cerita dari luar negeri.

Tetapi tema cerita tidak pernah diambil dari repertoar cerita epos (wiracarita) seperti :Ramayana dan Mahabharata. Sebab nanti pertunjukan bukan ketoprak lagi melainkan menjadi pertunjukan wayang orang. Namun pada kali ini pertunjukan berbeda dari biasanya karena para pemain dari unsur Muspika setempat seperti Camat, Danramil dan Kapolsek, uniknya cerita yang disuguhkan dalam bentuk humoris/lucu.

Tujuan pentas ketoprak itu sendiri pada hakekatnya mensosialisasikan kepada masyarakat agar peduli lingkungan dan bangkitkan jiwa kebangsaan, cinta tanah air dan cinta budaya lokal serta ajakan menjaga ketertiban lingkungan desa dan bangun desa.

Dalam kesempatan tersebut Danramil 20/Buayan Kapten Czi Paulus Souhuwat, mengatakan bahwa “pagelaran ini semata-mata membawa visi komunikasi sosial dan bela negara karena jika disajikan dalam forum resmi seperti pertemuan atau audensi masyarakat cenderung bosan, tapi kita sajikan dalam pentas seni mereka antusias dan banyak yang menyimak penyampaian cerita ketoprak itu sendiri ”, ujar Danramil disela-sela pentas tersebut.

Bapak Ponimin (54) salah seorang warga Desa Buayan mengatakan dan berharap agar pementasan ini berlanjut, maknanya dapat, nilai budayapun dapat dan yang lebih penting bisa mengihibur warga dan warga merasa dekat dengan aparatnya, katanya sambil tersenyum. Pagelaran ketoprak Muspika terwujud atas prakarsa Danramil 20/Buayan Kapten Czi Paulus Souhuwat, Camat Buayan Supoyo, Sos dan Kapolsek Buayan Akp Ariyo.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *