Babinsa Koramil Prembun Cor Jalan Desa

Babinsa Koramil Prembun Cor Jalan Desa

Babinsa Koramil Prembun Cor Jalan Desa

KODIM 0709/KEBUMEN. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM Mandiri Perdesaan atau PNPM-Perdesaan atau Rural PNPM)— merupakan salah satu mekanisme program pemberdayaan masyarakat yang digunakan PNPM Mandiri dalam upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah pedesaan.

Program pemberdayaan masyarakat ini dapat dikatakan sebagai program pemberdayaan masyarakat terbesar di tanah air. Dalam pelaksanaannya, program ini memusatkan kegiatan bagi masyarakat Indonesia paling miskin di wilayah perdesaan. Program ini menyediakan fasilitasi pemberdayaan masyarakat/kelembagaan lokal, pendampingan, pelatihan, serta dana Bantuan Langsung untuk Masyarakat (BLM) kepada masyarakat secara langsung, antara lain pengadaan sarana prasarana pendidikan, keshatan serta pembangunan fisik desa.

PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Prembun yang dikelola oleh UPK Kec. Prembun melaksanakan program baik yang berupa Infrastuktur, Sosial dan Ekonomi (Pinjaman bergulir).

Saat ini UPK kecamatan Prembun setelah Program PNPM MPd berakhir pada 31 Desember 2014 bernaung di bawah organisasi BKAD (Badan Koordinasi Antar Desa) Kec. Prembun

Koramil 10/Prembun sangat mendukung dengan adanya Program PMPM MPd khusus di bidang infrastuktur. Dan ikut secara langsung dalam pelaksanaan pembangunan di desa-desa (karya bhakti).

Menurut Bpk Faiq Hasan selaku yang dituakan di BKAD  Kec. Prembun, mengatakan walaupun saat ini program PNPM MPd telah berakhir tetapi kegiatan masih tetap berjalan terutama program pinjaman bergulir yang dipusatkan di UPK Kec. Prembun yang berada di Komplek Kecamatan Prembun.

Untuk kegiatan program Infrastruktur dana BLM yang merupakan dana PNPM tidak turun 100 %  sesuai usulan, tetapi 90 % dan dana Swadaya Masyarakat 10 %. Swadaya masyarakat 10 % tidak mutlak berupa uang tetapi hal-hal yang dapat diuangkan seperti bahan bangunan, tenaga dan konsumsi Tambah salah satu pengurus UPK Kecamatan Prembun.

Dalam kegiatan Program PNPM dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) tidak sekonyong-koyong turun, tetapi harus melalui proses dari perencana, pembuatan proposal dan diakhiri dengan pembuatan LPJ (laporan pertanggung jawaban). Untuk mengurus semua itu difasilitasi oleh KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa) dan Tim PNPM Desa. Dengan slogan Kita peduli bisa kita atasi PNPM telah mempu menciptakan kemandirian masyarakat pedesaan.

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *