Babinsa Sosialisasikan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Babinsa Sosialisasikan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Babinsa Sosialisasikan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

KORAMIL19/KUWARASAN, Sabtu (7/2),Lahan pertanian bukan hanya untuk ditanami saja. tetapi perlu ada pengolahan tanah dan pemupukan. Sementara para petani sekarang dalam meningkatkan hasil produktifitas pertaniannya banyak mengedepankan atau menggunakan pupuk non organik atau pupuk kimia, dimana akan mengakibatkan tanah menjadi keras, ledakan hama penyakit karena ketidak seimbangan ekosistem. Belum lagi dampak manusia yang mengkonsumsi hasil petanian dengan penggunaan pupuk kimia akan mengakibatkan yang tidak baik bagi tubuhnya, seperti stroke, kanker, melemahnya daya tahan tubuh walaupun dalam jangka panjang.

Melihat hal tersebut para Gapoktan di wilayah Kecamatan Kuwarasan kemudian menyarankan kepada Balai Penyuluh Pertanian (BPP) untuk melatih cara pembuatan pupuk organik. Usul tersebut kemudian ditindaklanjuti BPP dengan menyampaikan ke Dinas Pertanian dan peternakan Kab. Kebumen.

Pelaksanaan pelatihan melibatkan personil Koramil 19/Kuwarasan yang telah mengikuti pelatihan terpadu selama 4 ½ bulan di PUSREHAM KEMHAN RI di Jakarta. Melihat hal ini Koordinator Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Kuwarasan Bp. Sri Handoyo, Amd menyambut gembira karena anggota koramil ada yang baru selesai mengikuti pelatihan dan mengaplikasikan kepada masyarakat.

Pelatihan dilaksanakan selama 3 kali pertemuan dalam setiap minggunya, setiap pertemuan dihadiri 30 orang dari perwakilan tiap-tiap Gapoktan. Materi pelatihan pembuatan pupuk organik diberikan secara teori dan praktek. Hadir dalam kesempatan tersebut pejabat dari Distanak Kabupaten Kebumen.

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *