Dandim 0709/Kebumen Tanam Perdana Kedelai di Kec. Puring

Dandim 0709/Kebumen Tanam Perdana Kedelai di Kec. Puring

Dandim 0709/Kebumen Tanam Perdana Kedelai di Kec. Puring

Kodim 0709/Kebumen – Sebagai upaya khusus dalam mensukseskan swasembada pangan Kodim 0709/Kebumen bersinergi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kab. Kebumen yang melibatkan kelompok tani Laras beserta masyarakat Kec. Puring Kab. Kebumen, melaksanakan kegiatan penanaman perdana tanaman unggulan kedelai jenis Grobogan dan Gepak Kuning di lahan seluas 848 Ha, Senin (16/2/2015).

Kegiatan tanam kedelai perdana tersebut secara simbolis oleh Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H di areal lahan seluas 1 Ha Desa Puliharjo Kec. Puring Kab. Kebumen, turut melaksanakan penanaman perdana komoditas Kedelai Kabag Sarpras Distanak Kab. Kebumen Ir. Khotib, Kepala UPT Kec. Puring Bp. Santoso, S.E, Camat Puring Bpk. Suyitno, S. Sos, Danramil 18/Puring Kapten Inf Bambang. M, Pasiterdim 0709/Kebumen Kapten Inf Catur Teguh. W, para PPL UPT Kec. Puring, Kades Puliharjo Bpk. Kusmin, para Babinsa Koramil 18/Puring dan anggota Pok Tani Laras serta Masyarakat Desa Puliharjo Kec. Puring Kab. Kebumen.

Dalam sambutannya Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H “Kegiatan ini merupakan rangkaian dan tindak lanjut dari hasil pelatihan kader pertanian bagi para Babinsa Kodim 0709/Kebumen yang dibuka pada tanggal 9 sampai dengan 12 Februari 2015 lalu.

Tekad dan semangat yang dituangkan pada kali ini ditandai dengan diawalinya penanaman kedelai komoditas unggul Grobogan dan Gepak Kuning yang insya Allah akan memulai langkah ini sebagai pendukung program pemerintah pusat agar Indonesia bisa swasembada pangan di tahun 2017. Lanjut Dandim.

Dasar dari pelaksanaan peningkatan swasembada pangan khusunya tanam kedelai kali ini atas kesepakatan yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Kebumen dengan Kodim 0709/Kebumen, di Desa Sidomukti Kec. Kuwarasan Kab. Kebumen, Selasa 10 Januari 2015 pada beberapa waktu lalu “. ujar Dandim.

“Kegiatan ini sebagai upaya yang telah diperintahkan Bupati melalui Distanak Kab. Kebumen di wilayah Kec. Puring yang nantinya akan tertanam pada areal seluas 848 Ha yang terbagi menjadi, yakni untuk tanah sawah seluas 423 Ha sedangkan untuk tanah tegalan seluas 425 Ha.

“Kerjasama yang kita bangun bersama Kodim 0709/Kebumen ini, dalam rangka meningkatkan komuditas strategis seperti padi, jagung dan kedelai, untuk kali ini kita pengembangan kedelai jenis Grobogan dan Gepak Kuning,” lanjut Camat Puring Bpk. Suyitno, S.Sos.

“Kita akan prioritaskan yang melakukan pengembangannya kelompok tani – kelompok tani yang sudah ada, ini adalah sebagai bukti keseriusan Kodim 0709/Kebumen dalam kiprahnya mensukseskan peningkatan swasembada pangan khususnya wilayah Kecamatan Puring sebagaimana yang diinstruksikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, terkait pengembangan tiga komoditas yakni Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale). Bahkan untuk pengembangan kedelai, Kodim 0709/Kebumen telah mengirimkan anggotanya untuk mengikuti pendidikan secara khusus yang mempelajari penanaman kedelai “. pungkas beliau.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *