Danramil Babinsa Terima Pembekalan Praktek Pertanian

Danramil Babinsa Terima Pembekalan Praktek Pertanian

Danramil Babinsa Terima Pembekalan Praktek Pertanian

KODIM 0709/KEBUMEN – Para Danramil dan para Babinsa Kodim 0709/Kebumen menerima pembekalan pelatihan kader pertanian dalam rangka upaya khusus program swasembada pangan, berupa kegiatan praktek di lapangan Dislitbangad, Senin (10/2/2015).

Sebagai kelanjutan pelaksanaan kegiatan upaya khusus kader pertanian, kini giliran pembekalan berupa materi praktek di lapangan bersama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kab. Kebumen yang diberikan langsung kepada para Danramil dan para Babinsa Kodim 0709/Kebumen berupa cara mengolah pupuk organik, cara pengolahan lahan pertanian dan cara tanam yang benar dari mulai tabur bibit, penyemaian perawatan sampai dengan cara memanen sampai dengan penanganan hama, untuk praktek pertanian dilaksanakan sampai dengan hari Kamis tanggal 12 Pebruari 2015 secara bertahap dan berkelanjutan.

Dandim 0709/Kebumen dalam sambutannya tertulisnya yang dibacakan Perwira seksi teritorial Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Catur Teguh Widodo mengatakan, “Pembekalan praktek pertanian ini hendaknya dipahami, dimengerti dan dicermati sebagai bekal pengetahuan dalam melaksanakan pendampingi para PPL dan membantu para Gapoktan yang nantinya dapat memberikan solusi dengan harapan dapat memberikan nilai tambah, baik pengetahuan maupun keterampilan bagi peserta, sehingga dapat menjadikan bekal untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari di lingkungan masyarakat, untuk dapat menjadi pendorong kemajuan di wilayah binaannya masing-masing, sehingga dapat mensukseskan swasembada pangan di masa mendatang.

Selanjutnya Dandim menyampaikan guna menjamin terlaksananya upaya khusus dan operasional pertanian untuk benar-benar memahami tehnik-tehnik dalam pertanian yang akan disampaikan oleh narasumber sehingga dapat diimplementasikan dengan benar dan tekad yang kuat serta kerja keras tahun 2015 sebagai tahun kebangkitan kemandirian produktivitas pertanian, Babinsa diharapkan mampu memberikan inspirasi dan motivasi dalam mensukseskan target utama swasembada pertanian serta membawa manfaat yang sebesar-besarnya untuk mewujudkan kesejahteraan petani Indonesia khususnya di wilayah Kebumen.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Kebumen Ir. Pudji Rahayu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H atas penyelenggaraan kegiatan pelatihan kader ketahanan pangan dalam mendukung program swasembada pangan di wilayah Kab. Kebumen, sesuai MOU Dandim dan Bupati Kebumen tentang kerja sama program pembangunan pertanian dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan Nasional.

Kadistanak Kab. Kebumen juga menjelaskan tentang  target produksi tahun 2015 pada komoditas padi, jagung dan kedelai mendapatkan target produksi sebagai berikut :

Padi                : 480.591 Ton GKG

Jagung           :   31.958 Ton Pipilan Kering

Kedelai           :     9.993,92 Ton Biji Kering

Upaya untuk mencapai target produksi tersebut adalah

  1. Diawali dengan kegiatan percepatan tanam pada musim tanam 2014/2015.
  2. Diawali dengan pembersihan, rehabilitasi saluran irigasi, gropyokan tikus.
  3. Tanam perdana tanggal 15 Desember 2014 direncanakan di Desa Trikarso Kec. Sruweng
  1. GPPTT padi sawah 2.500 Ha
  2. GPPTT kedelai 7.250 Ha
  3. SL-PHT 5 unit
  4. SL-Iklim 1 unit
  5. Dem area pupuk kandang 42 Ha
  6. Demplot pupuk kandang 2,6 Ha
  7. Pemberdayaan penangkar benih padi 50 Ha
  8. Pemberdayaan penangkar benih kedelai 25 ha
  9. Optimasi lahan 2.000 Ha
  10. PIP (Pengelolaan Irigasi Partisipatif) 3 paket
  11. Kegiatan JITU dan JIDES 4.000 Ha
  12. Jumlah traktor tersedia sampai November 2014 sebanyak 2.783 unit (kondisi baik dan siap operasional)

Rencana bantuan di bidang Sarpras Tahun 2015 :

JITUT 16 kecamatan

  1. JIDES 5 kecamatan
  2. Sarana dan prasarana irigasi 22 kecamatan
  3. Traktor 100 unit (8,5 PK)
  4. Traktor 33 unit (6,5 PK)

Lebih lanjut Ir. Pudji Rahayu menyampaikan dalam mempertahankan swasembada pangan tersebut diperlukan dukungan dari berbagai pihak seperti dari Babinsa, pemerintah Kabupaten/Kota, Stake Holder pertanian, penyuluh pertanian serta seluruh instansi yang terkait sehingga program kegiatan dapat dilaksanakan secara terintegrasi dan berkesinambungan. Program swasembada pangan diharapkan dapat menghasilkan hal-hal yang bermanfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat petani dalam mendukung ketahanan pangan.

Dalam akhir sambutan Kadistanak kepada seluruh peserta kader ketahanan pangan dalam mendukung program swasembada pangan di wilayah Kab. Kebumen berharap terjadinya sinergitas kerja sama dengan Pemkab Kebumen. Para Babinsa dan penyuluh pertanian dapat mendorong gerakan Brigade tanam, Brigade Proteksi, Brigade panen dan akhirnya dapat meningkatkan produktivitas hasil, indeks pertanian dan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat petani.

Hadir dalam acara tersebut Kasdim 0709/Kebumen Mayor Inf Edy Supardjo, Kepala Distanak Kab. Kebumen Ir. Ibu Pudji Rahayu, Kepala Seksi Perlindungan tanaman Pangan Bpk. Muh. Nasrudin. A.md, Kepala Seksi  pengembangan pengolahan pupuk organik Bpk. Paryoto, S.PKP

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *