Dukung Swasembada Pangan, Babinsa Menjadi Kader Pertanian

DUKUNG SWASEMBADA PANGAN, BABINSA MENJADI KADER PERTANIAN

DUKUNG SWASEMBADA PANGAN, BABINSA MENJADI KADER PERTANIAN

KODIM 0709/KEBUMEN – Ratusan personel Babinsa di jajaran Kodim 0709/Kebumen mengikuti pelatihan kader pertanian dalam rangka upaya khusus program swasembada pangan, di Aula Makodim 0709/Kebumen, Senin (9/2/2015).

Pelatihan yang berlangsung selama 4 hari tersebut, dibuka secara resmi Dandim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H. “Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah dalam meningkatan ketersediaan pangan, khususnya padi, jagung dan kedelai,” kata Dandim. Dijelaskannya, ketersediaan pangan menjadi kebutuhan pokok yang harus tetap terjaga,  dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Menurut Dandim, banyak lahan menjadi perumahan dan perkantoran, akibat laju pertumbuhan penduduk. Hal tersebut, lanjutnya, berdampak pada berkurangnya tingkat produktivitas dan bertambahnya kebutuhan pangan baik di daerah maupun secara nasional.

Sementara itu, Perwira seksi teritorial Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Catur Teguh Widodo menambahkan, para Babinsa yang ada di desa nantinya akan mendampingi para PPL dan membantu para Gapoktan serta para petani. “Dengan bekal yang sudah diterima Babinsa diharapkan bisa memberikan motivasi dalam membantu para petani diwilayah binaannya masing-masing, seperti mulai penggunaan pupuk, bibit dan sistim pola tanam yang unggul untuk dikembangkan di areal persawahan maupun lahan bukan pesawahan masyarakat.

Hadir sebagai nara sumber Kepala Distanak Kab. Kebumen Ir. Ibu Pudji Rahayu, Kepala Seksi Perlindungan tanaman Pangan Bpk. Muh. Nasrudin. A.md, Kepala Seksi  pengembangan pengolahan pupuk organik Bpk. Paryoto, S.PKP dari Distanak Kab. Kebumen. Dalam kesempatan tersebut Kepala Distanak Kab. Kebumen Ir. Pudji Rahayu, “Mengajak kepada para Babinsa untuk lebih proaktif dalam pelaksanaan pendampingan di lapangan sehingga para petani lebih termotivasi dalam turut serta mensukseskan program pemerintah sehingga kontribusi para Babinsa akan membawa pengaruh besar terhadap perkembangan dan perubahan demi tercapainya swasembada produksi pangan di seluruh wilayah Kab. Kebumen, optimalisasi ini sangat penting mengingat target pencapaian pada tahun 2015 yaitu tanaman Padi 480.591 Ton GKG, Jagung 31.958 Ton Pipilan Kering dan Kedelai 9.993,92 Ton Biji Kering untuk tanam padi sawah 1 Ha @ 25 Kg, sedangkan untuk tanam kedelai 1 Ha @ 50 Kg.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pertanian dan Peteenakan juga menjelaskan adanya suatu upaya yang melibatkan seluruh komponen masyarakat melalui (GPPTT) atau Gerakan Peningkatan Pengelolaan Tanaman Terpadu dan (SL-PHT) Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu.

Dijelaskan pula dengan mengupayakan beberapa kegiatan seperti mewaspadai terhadap Anomali iklim karena proses potosintesa jika terhambat satu jam akan berdapak pada penurunan produksi tanam turun hingga mencampai 10 %. Kepala Distanak juga mengajak untuk mewaspadai terkait pengendalian hama tanaman seperti dicontohkan pada hama tikus dengan pemberantasan melalui RUBUHA rumah burung hantu yang diberdayakan diseluruh wilayah Kab. Kebumen.

Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan sesuai petunjuk dari Komando Atas dan Instruksi Presiden Republik Indonesia Bpk. Joko Widodo yang telah mentargetkan swasembada pangan (padi, jagung dan kedelai) di tahun 2017 mendatang. Pemerintah telah menandatangani nota  kesepahaman dengan TNI AD pada tanggal 7 Januari 2015 lalu yang isinya melibatkan 50.000 personel Babinsa di seluruh Indonesia untuk mensukseskan program tersebut.

Nota kesepakatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan kerjasama Panglima Kodam di seluruh Indonesia dengan Kepala Dinas Pertanian di tingkat Provinsi. Serta telah ditindak lanjuti dengan kerjasama antara Dandim dan Bupati Kebumen pada tanggal 20 Januari 2015 di Desa Sidomukti Kec. Kuwarasan sedangkan bagi para Babinsa akan menjadi mendampingi kelompok tani dalam kegiatan pertanian guna mensukseskan program swasembada pangan.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *