Gerakan Swasembada Pangan, Dandim Kebumen Tanam Kedelai

Gerakan Swasembada Pangan, Dandim Kebumen Tanam Kedelai

Gerakan Swasembada Pangan, Dandim Kebumen Tanam Kedelai

Kodim 0709/Kebumen – Kodim 0709/Kebumen bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kab. Kebumen, sepakat melakukan upaya-upaya khusus dibidang swasembada pangan mulai tiga komoditas pertanian unggulan yang menjadi bidikan, yakni padi, jagung dan kedelai (Pajale), Rabu (11/2).

Dalam upaya meningkatkan swasembada pangan, Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H bersama Kepala Distanak Kab. Kebumen Ir. Pudji Rahayu lakukan penanaman perdana kedelai di areal lahan seluas 30 Ha Desa Karangreja Kec. Petanahan Kab. Kebumen.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dan tindak lanjut dari hasil pelatihan kader pertanian bagi para Babinsa Kodim 0709/Kebumen yang dibuka pada tanggal 9 Februari 2015 lalu dan rencananya akan ditutup pada 12 Februari 2015. Tekad dan semangat yang dituangkan pada kali ini ditandai dengan diawalinya penanaman kedelai oleh Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H yang didampingi oleh Kadistanak Kab. Kebumen Ir. Pudji Rahayu, Danramil 16/Petanahan Kapten Inf Agus Handoyo, Camat Petanahan yang diwakili Sekcam Bpk Yohanes, UPT Dinas Distanak Kec. Petanahan Bpk. Santoso, Ketua Gapoktan Bpk. Yuswadi, para Babinsa Kodim 0709/Kebumen dan warga masyarakat setempat, langkah ini sebagai penunjang program pemerintah pusat agar Indonesia bisa swasembada pangan di tahun 2017.

Dasar dari pelaksanaan peningkatan swasembada pangan Pajale, yakni kesepakatan yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Kebumen dengan Kodim 0709/Kebumen, di Desa Sidomukti Kec. Kuwarasan Kab. Kebumen, Selasa 10 Januari 2015. Kesepakatan tersebut ditandatangani langsung Bupati Kebumen H. Buyar Winarso, S.E dan Dandim 0709/Kebumen, Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H, disaksikan Asisten 2 Kab. Kebumen Tri Haryono, Kalab PHP se-Karisidenan Kedu Ir. Retno Dyah Rahmawati, Muspika se-Kab. Kebumen, para KUPT Pertanian se-Kab. Kebumen, para Koord PPL se- Kab. Kebumen, Kades se-Kec. Kuwarasan dan para tokoh masyarakat Desa Kuwarasan.

Didalam kesepakatan kerjasama tersebut, ditandai dengan peletakan batu pertama perbaikan jaringan irigasi oleh keduanya. Dandim 0709/Kebumen, Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H mengatakan, “Target swasembada pangan nasional akan tercapai, bila dilakukan dengan sungguh-sungguh, kerja keras dan bersinergi antara kebijakan pemerintah di bidang pertanian dengan kebutuhan masyarakat petani serta pemberdayaan potensi yang dimiliki daerah, mari kita  bekerja secara maksimal, optimisme yang tinggi dan komit terhadap MoU yang disepakati bersama, walaupun dari segi produksi di wilayah Kebumen masih didominasi tanaman padi dan jagung, Kebumen harus menyeimbangkan dan meningatkan produksi komoditas kedelai.

“Kerjasama yang kita bangun bersama Pemkab Kebumen dan Kodim ini, dalam rangka meningkatkan komuditas strategis seperti padi, jagung dan kedelai. Tapi sekarang kita mencoba pengembangan kedelai,” terangnya.

Terkait lahan yang akan dikembangkan pembudidayaan kedelai tersebut, menurutnya lebih diarahkan ke lahan-lahan tidur. Sedangkan untuk benih dan obat-obatan yang selama ini menjadi kendala bagi petani, Pemkab Kebumen akan bekerjasama dengan Balai Benih Palawija Provinsi Jawa Tengah.

“Kita coba dulu pengembangannya di daerah Petanahan. Kemudian kita kembangkan ke kecamatan-kecamatan lainnya,” ujarnya.

Sementara Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H sepakat dengan Bupati Kebumen untuk pengembangan percobaannya di daerah Petanahan.

“Kita akan prioritaskan yang melakukan pengembangannya kelompok tani – kelompok tani yang sudah ada,” ujarnya.

Hal ini adalah sebagai bukti keseriusan Kodim 0709/Kebumen dalam kiprahnya mensukseskan peningkatan swasembada pangan seperti yang diinstruksikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, terkait pengembangan tiga komoditas tadi. Bahkan untuk pengembangan kedelai, Kodim 0709/Kebumen telah mengirimkan anggotanya untuk mengikuti pendidikan secara khusus yang mempelajari penanaman kedelai.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *