Kodim Bangkitkan Bela Negara Menwa Kebumen

Kodim Bangkitkan Bela Negara Menwa Kebumen

Kodim Bangkitkan Bela Negara Menwa Kebumen

KODIM 0709/KEBUMEN – Resimen Mahasiswa Mahadipa 960 Politeknik Dharma Patria Kebumen menyelenggarakan kegiatan Pra – Pendidikan dan Latihan Dasar Kemiliteran Calon Anggota Baru Yudha XXXVIII Resimen Mahasiswa Mahadipa Satuan 960, selama empat hari mulai tanggal 4 sampai dengan 8 Pebruari 2015 dengan pembinaan dan pengawasan Kodim 0709/Kebumen, selama dalam pelaksanaan Pra – Pendidikan dan Latihan Dasar para anggota Menwa Mahadipa Satuan 960, dibekali berbagai kegiatan mulai dari Wawasan Kebangsaa, ceramah Proxy War, pengenalan senjata, PBB bersenjata, Peraturan Baris Berbaris (PBB) bersenjata, Pioneering, Pendirian Bivak, Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD), Survival, Materi Caraka, Orientasi Medan, Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Materi SAR, Tata Upacara Militer (TUM) dan aplikasi sanjak .

Keberadaan Resimen Mahasiswa (Menwa) memang memiliki akar sejarah yang panjang. Korps ini sudah ada sejak zaman perang kemerdekaan. Waktu itu, kita mengenal “Corps Militer” (CM) yang bahu-membahu dengan rakyat bersenjata lainnya dalam melawan Belanda. Keterlibatan Menwa dalam aksi bela negara ini seakan-akan membenarkan keberadaan Menwa pada masa berikutnya.

Fungsi Menwa adalah sebagai stabilisator dan dinamisator kampus. Penampilan fisik Menwa memang hampir tidak ada bedanya dengan tentara. Sehari-hari mereka memakai seragam hijau-hijau mirip TNI. Organisasi Menwa juga berbeda dengan organisaisi kemahasiswaaan lainnya. Kalau senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berada di bawah pembinaan Pembantu Rektor III, Menwa malah langsung berada di bawah Rektor yang berkedudukan sebagai Kepala Markas Distrik.

Menwa kerap mendapat penilaian bernada “miring”. Kalangan aktivis kampus sering menjuluki anggota Menwa sebagai “intel mahasiswa”. Memang banyak bukti yang bisa ditunjuk. Dalam protes kenaikan SPP di sebuah kampus misalnya, Menwa malah bertindak sebagai “aparat” yang berhadapan dengan teman-temannya sendiri.

Dalam kaitannya dengan kegiatan perguruan tinggi, pembinaan satuan Menwa di setiap perguruan tinggi menjadi tanggung jawab mendikbud. Sedang dalam hubungannya dengan Unit Kegiatan Mahasiswa di perguruan tinggi, pembinaan Menwa menjadi tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi atau rektor. Sementara itu, pembinaan teknis administratif Menwa dalam rangka pelaksanaan perlindungan massa (Linmas), fungsi ketertiban umum (Tibum), dan fungsi perlindungan rakyat (Linra), menjadi tanggung jawab Mendagri.

Kepala Staf Menwa sendiri dipilih dari salah seorang anggota Menwa. Ia sekurang-kurangnya sudah menduduki semester VI. Ia diangkat Komandan Menwa atas persetujuan pimpinan perguruan tinggi. Sebagai rakyat terlatih, Menwa berfungsi sebagai Wanra (Perlawanan Rakyat).

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *