Kodim Kebumen Bersama FKG UGM Yogyakarta Gelar Pengobatan Gigi Gratis

Kodim Kebumen Bersama FKG UGM Yogyakarta Gelar Pengobatan Gigi Gratis

Kodim Kebumen Bersama FKG UGM Yogyakarta Gelar Pengobatan Gigi Gratis

KODIM 0709/KEBUMEN – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada (UGM) berkerjasama Pemkab Kebumen dan Kodim 0709/Kebumen menggelar pemeriksaan gigi gratis bagi siswa SD dan masyarakat umum. Kegiatan pemeriksaan gigi gratis diadakan dalam rangka Pengabdian Masyarakat 2015, Sabtu (14/2/2015). Pemeriksaan gigi gratis dilaksanakan di 3 Kecamatan meliputi Desa Tlogodepok Kec. Mirit, Desa Kaligending Kec. Karangsambung dan Desa Selokerto Kec. Sempor Kab. Kebumen kegiatan yang dimulai dari tanggal 13 sampai dengan 14 Februari 2015 secara terpusat pencanangannya dilaksanakan di Balai Desa Selokerto Kec. Sempor.

“Layanan yang kami berikan meliputi pemeriksaan gigi, edukasi kesehatan gigi, penambalan gigi sederhana, pencabutan gigi tanpa komplikasi, pembersihan gigi dan pengobatan gigi berlubang,” jelas Koordinator Kemahasiswaan FKG Universitas Gadjah Mada, drg.Yuni Handayani, M.Kes..PhD.

Masih menurut drg.Yuni Handayani, M.Kes.PhD. tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi. Selama ini sakit gigi masih diremehkan oleh masyarakat, karena dianggap tidak mematikan. Padahal mulut adalah gerbang masuknya makanan, jika mulut tidak sehat maka badan juga sakit. Bahkan banyak penyakit berat semisal jantung, diabetes bahkan HIV/AIDS gejalanya dapat dideteksi dari kondisi kesehatan mulut. “Oleh karena itu kami adakan sesi edukasi kesehatan gigi dalam acara ini, terutama bagi anak-anak dan pelajar,” tambah Wakil Dekan FKG UGM Yogyakarta.

Kegiatan yang sudah ketiga kali diadakan ini ternyata mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Dari data panitia, tercatat ada 1608 peserta yang sudah mendaftarkan diri untuk diperiksa. Padahal panitia hanya menargetkan 1500 peserta selama dua hari pelaksanan kegiatan. “Kita menyiapkan Sembilan puluh delapan dokter gigi, tujuh belas orang dokter umum, 229 mahasiswa tingkat profesi dan dibantu oleh dua puluh mahasiswa aktivis Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKG untuk melayani para peserta,” kata drg.Yuni Handayani, M.Kes.PhD. ketua panitia kegiatan.

Dan yang lebih menggembirakan, jika tahun lalu panitia menyiapkan kendaraan untuk menjemput peserta, tapi tahun ini para peserta datang dengan kesadaran sendiri. Bangkitnya kesadaran masyarakat Kebumen untuk memeriksakan kesehatan gigi disambut baik oleh sivitas akademika FKG Universitas Gadjah Mada. Pasalnya dari data Survey Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan tahun 2007, sebanyak 50,67 % warga Jawa Tengah memiliki masalah dengan gigi. Ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat Kebumen akan kesehatan gigi dan mulut mulai terbangun.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Dosen Universitas UGM, drg.Yuni Handayani, M.Kes.PhD.  mengapresiasi kegiatan yang dimotori FKG Universitas UGM ini. Menurutnya, kegiatan-kegiatan yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat seperti pemeriksaan gigi gratis termasuk dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. “Saya minta kawan-kawan di FKG tidak hanya mengkaji dari sisi kesehatan dan teknologi kedokteran gigi saja, namun juga dari sisi sosial agar keengganan masyarakat memeriksakan gigi secara teratur mulai berubah,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan pemeriksaan gigi gratis di wilayah Kab. Kebumen merupakan hasil kerjasama antara FKG, Pemkab Kebumen dan Kodim 0709/Kebumen dengan PT. Unilever melalui produknya pasta gigi Pepsodent. Menurut perwakilan PT. Unilever yang hadir saat itu, Arif Satrio Putro, pihaknya menggandeng 15 Fakultas Kedokteran Gigi di seluruh Indonesia guna melaksanakan acara yang sama.

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *