Koramil 20/Buayan Optimalkan Peran di Wilayah Mengawal Peningkatan Produksi Pertanian

Koramil 20/Buayan Optimalkan Peran di Wilayah Mengawal Peningkatan Produksi Pertanian

Koramil 20/Buayan Optimalkan Peran di Wilayah Mengawal Peningkatan Produksi Pertanian

KODIM 0709/Kebumen – Danramil 20/Buayan Kapten Czi Paulus Souhuwat  memberikan sosialisasi peran TNI dalam peningkatan ketahanan pangan program khusus musim tanam tahun 2015 dalam rangka membantu pemerintah Kabupaten Kebumen, hadir dalam kegiatan tersebut Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Bp. Mujianto didampingi UPT Kecamatan Buayan Bp. Puryadi serta Poktan dan Gapoktan di Aula UPT Kecamatan Buayan. Kamis (12/2).

Pada kesempatan tersebut Komandan Koramil 20/Buayan Kapten Czi Paulus Souhuwat yang sekaligus memberikan paparan keterlibatan TNI dalam program khusus percepat dan ketahanan pangan nasional, Danramil mengatakan, bahwa Babinsa akan bersama-sama petani sebagai pendamping untuk mensukseskan program yang dicanangkan pemerintah, tentunya akan melibatkan PPL Kecamatan, Koramil dan Gapoktan serta masyarakat Buayan dalam mensukseskan program ini, dikatakan pula, dalam pelaksanaan program ini selalu tertib administrasi dan kompatibel dan dapat dipertanggung jawabkan karena menggunakan anggaran negara. Koramil dalam melaksanakan pendampingan dan mengawal program ini merupakan bagian tugas operasi militer selain perang yang salah satu poinya adalah membantu pemerintah daerah dalam mensukseskan pembangunan termasuk di bidang pertanian, dikatakan pula.

Program pemerintah dalam menuju swasembada pangan 2017 dapat tercapai manakala kita semua baik aparat TNI, pemerintah daerah dengan didukung para petani bekerja keras dan optimis, niscaya peningkatan produksi pangan akan terwujud. Manfaatkan sarana komunikasi yang ada dengan anggota Babinsa, bapak-bapak petani jangan ragu karena kehadiran TNI ikut memikirkan kesejahteraan masyarakat mewujudkan ketahanan pangan nasional agar bidang ekonomi kita aman dan masyarakat sejahtera, sehingga ketahanan dibidang lainpun akan mudah tercapai sebagaimana fungsi utama Binter, tegasnya.

Disamping penjelasan peran Babinsa dalam pertanian, juga digelar pertemuan rutin kelompok tani dan Gapoktan se Kecamatan Buayan yang pelaksanaannya ditetapkan setiap bulan pada tanggal 12,  kegiatan tersebut juga dihadiri oleh pejabat Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Kebumen yang diwakili oleh Bp. Mujiono dan semua poktan/gapoktan se Kecamatan Buayan yang dihadiri oleh 70 orang.

Dalam kesempatan tersebut Bp. Mujiono mengatakan, Pemerintah  bekerja  sama  dengan TNI  dengan  Program GPPTT (Gerakan Percepatan Pengolahan Tanaman Terpadu)  berupa Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale), selain itu akan memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Asintan). Untuk Alsintan saya berharap dan menghimbau agar bantuan yang sudah ada dan yang akan diberikan agar dirawat dan digunakan tepat guna sesuai sasarannya.

Tidak ketinggalan UPT Distanak Kec. Buayan Bp. Puryadi juga memberikan tanggapan dan apresiasi positif kepada Koramil 20/Buayan dalam mengawal program-program pemerintah khususnya pertanian, dengan sasaran Petani, Mandiri dan Sejahtera, dengan adanya bantuan Alsintan yang akan mempermudah dan mempercepat pengolahan dan peningkatan hasil produksi pertanian terlebih dengan adanya program perlibatan TNI  dalam program percepatan dan peningkatan ketahanan pangan nasional dan swasembada pangan terutama Padi, Jagung dan Kedelai.  Bp. Puryadi mewakili Gapoktan dan Masyarakat, mengucapkan terima kasih dan penghargaan semoga kegiatan ini mendapat ridho Allah SWT dan sukses bagi kita semua, pungkasnya.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *