Koramil Pejagoan Optimalkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Fogging / Pengasapan sarang nyamuk di desa Pejagoan Wilayah Koramil 14/Pejagoan

Fogging / Pengasapan sarang nyamuk di desa Pejagoan Wilayah Koramil 14/Pejagoan

KODIM 0709/KEBUMEN, Wabah Demam Berdarah yang melanda Desa Pejagoan RT 02 RW 05 Kec. Pejagoan Kab. Kebumen mengakibatkan salah seorang warga dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kebumen yang akhirnya meninggal dunia a.n. Dimas Setiawan umur 6 tahun anak dari Bapak Jumadi (35). Dengan adanya wabah tersebut Koramil 14/Pejagoan dengan Puskesmas Pejagoan melaksanakan koordinasi sehingga perlu diadakan langkah penanganan secara intensif melakukan langkah-langkah pengasapan (Fogging) yang sebelumnya telah mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kab. Kebumen untuk segera diadakan pemberantasan sarang nyamuk dan kegiatan tersebut telah dilaporkan kepada Kodim 0709/Kebumen.

Berdasarkan laporan tersebut Komandan Kodim 0709/Kbm Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H langsung mengeluarkan perintah melalui Berita Interokal pada tanggal 28 Januari 2015 tentang perintah yang isinya untuk mencegah terjangkitnya kembali penyakit berdarah (DB) yang intinya memerintahkan agar seluruh Koramil dijajaran Kodim 0709/Kebumen melaksanakan kerja bakti bersama-sama instansi lain di jajaran Muspika masing-masing untuk melaksanakan pembersihan sarang nyamuk antara lain pembersihan saluran air, menimbun barang-barang bekas berupa kaleng, ember atau tempat lainnya yang bisa digunakan sarang nyamuk termasuk menguras dan membasmi jentik-jentik nyamuk dengan cara menyiram dengan solar.

Atas dasar perintah Komandan Kodim 0709/Kebumen tersebut telah dilaksanakan koordinasi dengan Kepala Puskesmas Pejagoan serta Dinas Kesehatan Kab. Kebumen, maka telah dilaksanakan penyemprotan jentik-jentik nyamuk (Fogging) pada tanggal 5 Pebruari 2015 di Desa Pejagoan RW 5 Kec. Pejagoan, kurang lebih 59 rumah yang telah disemprot. Menurut dr. Agus Kepala Puskesmas Pejagoan bahwa yang menyebabkan penyakit demam beradarah (DB) adalah gigitan nyamuk Aides Aegepty oleh karena itu dihimbau kepada seluruh warga Kec. Pejagoan dan Desa Pejagoan pada khususnya untuk mencegah berkembangnya nyamuk Aides Aegepty perlu langkah-langkah serius antara lain membersihkan got/saluran air menimbun barang-barang yang tidak terpakai, menguras bak penampungan air seminggu sekali dan menutupnya, menjaga kebersihan lingkungan rumah masing-masing.

Kegiatan fogging dilakukan oleh para Babinsa bersama para petugas dari Puskesmas Pejagoan secara bergantian. Mengingat wilayah tersebut menjadi epidemi demam berdarah dan telah menelan 2 orang korban satu diantaranya meninggal dunia. Pada kesempatan itu pula Danramil 14/Pejagoan Kapten Caj Soeko Wardojo menyampaikan kepada warga sebelum pelaksanaan penyemprotan ”bahwa penyemprotan Fogging tidak bisa dilaksakan setiap saat karena harus ada kasus terjangkitnya penyakit demam berdarah baru dapat dilaksanakan “ itu adalah merupakan standar prosedur dari Dinas Kesehatan. Maka dari itu dihimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan selalu memegang teguh semboyan 3 M (Menguras, Menutup dan Menimbun) “ungkap Danramil.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *