Babinsa Bersama Warga lakukan Giat Upsus Perbaiki Irigasi

Babinsa Bersama Warga lakukan Giat Upsus Perbaiki Irigasi

Babinsa Bersama Warga lakukan Giat Upsus Perbaiki Irigasi

KODIM 0709/KEBUMEN – Babinsa Koramil 14/Pejagoan melaksanakan kegiatan tugas pengawalan dan pendampingan pertanian di wilayah Desa Kedawung Kec. Pejagoan Kab. Kebumen, Rabu (11/3/15), Sebagai Babinsa yang memiliki tanggung jawab kegiatan peningkatan swasembada pangan tidak hanya dititik beratkan pada lahan pertanian tetapi pada sarana lain yang memiliki pengaruh pokok.

Serda Maksum anggota Koramil 14/Pejagoan Babinsa wilayah Desa Kedawung mengaplikasikannya dengan memperbaiki kondisi saluran irigasi yang selama ini fungsinya masih belum optimal, atas prakarsa dan hasil koordinasi dengan UPT Dinas Pertanian Kec. Pejagoan dan dengan dibantu Kelompok Tani Murni Asih Desa Kedawung maka dilaksanakan gotong royong perbaikan saluran irigasi yang nantinya akan mengairi lahan sawah seluas 22 Hektare, perbaikan yang dipusatkan di lingkungan RT 03 RW 03 Desa Kedawung tersebut sudah berjalan selama 3 hari.

Kegiatan yang dilakukan secara bergotong royong bersama sama warga masyarakat dan Pok Tani Murni Asih Desa Kedawung, proses pengerjaan irigasi sepanjang 110 m, lebar atas 90 cm sedangkan lebar bawah 60 cm dan tinggi irigasi 70 cm pembangunan irigasi tersebut mendapat menggunakan dukungan dana Rp. 50.000.000,- berasal dari APBN.

Serda Maksum mengatakan, Kita bangun seribu irigasipun kalau tidak ada kepedulian perawatan maka akan hancur sia-sia, saya berharap agar warga maupun Pok tani  khususnya dan secara umum masyarakat Desa Kedawung wajib menjaga dan memelihara hasil yang kita lakukan hari ini, sehingga fungsi utama irigasi tersebut dapat mengairi sawah petani dan hasil panen akan tercapai sesuai rencana pemerintah didalam mengkampanyekan swasembada pangan, tegasnya.

Kita harus lebih optimal lagi setelah selesai masa tanam sekarang kita perlu pembenahan pada masa tanam berikut, agar hasilnya yang kita harapkan dapat terwujud dan lebih ditingkatan kembali, saya berpesan kepada para kelompok tani agar setelah panen jangan ada yang membakar damen, karena akan mengurangi kultur keasaman tanah dan disamping itupula mencemari udara, damen yang bekas saya rencananya akan kita jadikan bahan pupuk organik, kita akan olah bersama dengan para petugas PPL Kec. Pejagoan, ujar Babinsa Serda Maksum menambahkan.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *