Babinsa Koramil 11/Mirit Bersama Petani Lakukan Olah Lahan

Babinsa Koramil 11/Mirit Bersama Petani Bantu Olah Lahan

Babinsa Koramil 11/Mirit Bersama Petani Bantu Olah Lahan

KODIM 0709/KEBUMEN – Sebagai upaya khusus peningkatan pertanian, Babinsa Koramil 11/Mirit siap sukseskan swasembada pangan demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan terpenuhinya kebutuhan pangan daerah sebagai penyokong ketahanan pangan nasional, dalam upayanya Babinsa memiliki tugas khusus menggerakan dan memotivasi petani untuk melaksanakan tanam serentak, yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian dalam rangka memberikan pelopor swasembada pangan, ini dilakukan sejalan dengan telah diterimanya pelatihan dan pembekalan Babinsa tentang pertanian, dari yang sudah didapat tentunya harus diterapkan langsung di lapangan bersama petani maupun Poktani atau Gapoktan.

Komandan Koramil 11/Mirit Kapten Inf Wardiman mengatakan, kebersamaan petani dan Babinsa merupakan bentuk kemanunggalan TNI pertanian dalam turut serta mensukseskan program pemerintah mencapai swasembada pangan tahun 2017, saya berharap para kelompok tani dan masyarakat tani lebih memahami tentang tugas tersebut sehingga akan terjalin komunikasi yang kuat didalam mengupayakan secara khusus peningkatan dan mutu produksi hasil panen, para petani hendaknya tidak merasa terganggu, justru harus lebih semangat, oleh karenanya saya yakin langkah upaya ini akan membuahkan hasil yang luar biasa, jelas Danramil.

Lahan seluas 5 Ha milik patani saudara Sudarno dilaksanakan kegiatan pengolahan lahan dengan menggunakan Alsintan (traktor) yang akan ditanami jagung. Kegiatan ini dilaksanakan disamping swasembada pangan terwujud juga merupakan kegiatan dalam rangka mewujudkan program serbuan teritorial dan pelaksanaan program ketahanan pangan Nasional.

Dipilihnya Desa Sarwogadung dan Desa Wirogaten, karena dua desa tersebut sangat cocok ditanami komoditas Jagung, ujar Serda Trisiyanto Babinsa Desa Sarwogadung dan Serda Mardiyono Babinsa Desa Wirogaten.

Dari pemilik lahan saudara Sudarno menjelaskan, lahan ini merupakan lahan yang saya garap perorangan bukan lahan yang dikelola kelompok tani. Lahan yang digarap dengan kelompok tani baru akan dilaksanakan musim tanam yang akan datang. Dari hasil koordinasi dengan Dinas pertanian Kec.Mirit, saat sekarang wilayah Kec.Mirit sebagian besar wilayah Mirit utara saat ini sedang menanam padi yang sebentar lagi akan memasuki masa panen, untuk budidaya jagung maupun kedelai sebagian wilayah Mirit utara menggunakan lahan bekas padi atau sawah tadah hujan yang dalam satu tahun hanya ditanami padi sekali.

Untuk program ini dari dinas pertanian menyediakan bantuan benih pupuk dan obat pencegahan hama dan obat pemberantas hama. Disamping itu juga dinas pertanian memberikan bimbingan maupun penyuluhan di lapangan, tegasĀ  Darno sapaannya.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *