DANDIM Kebumen Gunting Pita Balon Terbang, Tanda Buka Pesta Siaga

DANDIM KEBUMEN GUNTING PITA BALON TERBANG, TANDAI BUKA PESTA SIAGA

DANDIM KEBUMEN GUNTING PITA BALON TERBANG, TANDAI BUKA PESTA SIAGA

KODIM 0709/KEBUMEN, Unjuk kebolehan ajang adu prestasi kecakapan dan keterampilan para peserta Pramuka Siaga tingkat Kwarcab Kebumen resmi dibuka Wakil Bupati Kebumen Ibu Djuwarni, Amd. Pd selaku Ka Kwarcab Kebumen, Sabtu (7/3/15) di lapangan Pemkab. Kebumen.

Acara diawali dengan pemotongan pita balon terbang oleh Dandim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H, didampingi Kapolres Kebumen AKBP Faizal, SIK, MH, Wakil Bupati Djuwarni, Amd. Pd dan Sekda Kebumen H. Adi Pandoyo, SH. M.Si, kegiatan dilanjutkan dengan rangkaian pentas kesenian tari sebagai unjuk keterampilan dan kebolehan para peserta pesta Siaga.

Pesta siaga yang mengusung tema “Pramuka Siaga Rajin, Trampil dan Gembira” diikuti 26 barung putra dan 26 barung putri utusan Kwarran se Kwarcab Kebumen, jumlah peserta total yakni 520 Pramuka Siaga. Selanjutnya bagi yang lolos penilaian terbaik akan diikutkan pada pesta siaga tingkat Kedu tanggal 28 Maret 2015 di Magelang.

Istilah “Pesta” untuk kegiatan pesta siaga, memang diarahkan untuk mengajak anak-anak pada  usia siaga untuk bergembira, bermain, unjuk keterampilan yang bernilai pendidikan guna membentuk karakter jiwa anak yang bermartabat. Unjuk keterampilan dan kemampuan memang dinilai, tetapi harus dalam suasana ceria, penuh kekeluargaan, anak harus bebas dan tidak merasa tertekan dan terbebani, serta diharapkan dapat berjalan alamiah sesuai perkembangan kejiwaannya.

Sebagaimana diamanatkan dalam UU No 12 tahun 2010 bahwa, pendidikan Kepramukaan dilaksanakan berdasarkan pada nilai dan kecakapan dalam upaya membentuk kepribadian dan kecakapan hidup pramuka.

Inti kurikulum pendidikan Kepramukaan diantaranya mencakup keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME; kecintaan pada alam dan sesama manusia; kecintaan pada tanah air dan bangsa; kedisiplinan, keberanian dan kesetiaan, tolong menolong; bertanggung jawab dan dapat dipercaya; jernih dalam berfikir dan berbuat; hemat cermat, bersahaja, rajin dan terampil.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H mengajak jajaran Mabi dari tingkat Mabicab, Mabiran hingga Mabigus dan para penentu kebijakan untuk meningkatkan dukungan dan bimbingannya yang lebih kongkrit  bagi Pembinaan kaum muda melalui Gerakan Pramuka.

“Tugas pembinaan generasi muda bukan hanya tugas para pengelola Kwartir dan satuan Pramuka serta Pembina, tetapi merupakan tugas kita semua bangsa dan warga negara Indonesia yang bertanggung jawab sebagaimana diamanatkan UU,” tegasnya.

Dandim juga berpesan kepada Pramuka Siaga untuk terus melatih diri agar kedepan mampu hidup dalam kemandirian tanpa bergantung pada orang tua. “Dan, anak-anaku juga dituntut untuk patuh dan taat kepada Ayah dan Bunda, sebagai orang tua yang telah melahirkan, merawat dan membesarkan kita hingga sekarang,” tuturnya.

Disamping itu pula kegiatan pesta siaga bertujuan khusus membentuk pribadi pramuka siaga yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan.

“Ajang ini juga dalam rangka meningkatkan keterampilan, pengetahuan, pengalaman dan kemampuan serta mengembangkan dirinya. Sekaligus juga dalam rangka penanaman disiplin, patriotisme, dan rasa cinta tanah air,” ungkapnya.

 

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *