Intensifikasi Pertanian, Babinsa Sukseskan Program Ketahanan Pangan

Intensifikasi Pertanian, Babinsa Sukseskan Program Ketahanan Pangan

Intensifikasi Pertanian, Babinsa Sukseskan Program Ketahanan Pangan

KODIM 0709/KEBUMEN,  Kegiatan pendampingan pertanian dalam rangka peningkatan swasembada pangan dilakukan Babinsa Sertu Joko Sutomo anggota Koramil 09/Kutowinangun yang bekerjasama dengan UPT Pertanian Kec. Kutowinangun dan kelompok tani Sari Luhur Desa Karangsari, Kamis (5/3/15).

Kegiatan yang sudah menjadi Program TNI dalam mendukung peningkatan swasembada pangan nasional menuju kepada masyarakat Indonesia yang mandiri dibidang pangan khusunya intensifikasi lahan dan produktivitas hasil pertanian adalah salah satu langkah kongkrit TNI-AD mendukung ketahanan pangan. Langkah tersebut merupakan tindak lanjut dari MoU antara Dandim 0709/Kebumen dengan Bupati Kebumen pada beberapa waktu lalu.

Disamping tugas sebagai pendampingan dan pengawalan pertanian, Babinsa juga dituntut untuk mensosialisasikan kepada Kelompok Tani Sari Luhur Desa Karangsari Kec. Kutowinangun, terkait tentang program ketahanan pangan dan tehnik cara bertani yang benar kepada kurang lebih 50 orang anggota Kelompok Tani Sari Luhur Desa Karangsari.

Dalam arahannya Sertu Joko Sutomo mengatakan, pentingnya gerakan Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP PTT) yang diharapakan hasil produksi seperti Padi, Jagung dan Kedelai dapat meningkat. Selain itu kita juga akan kampanyekan program Hanpangan ini kepada semua elemen masyarakat termasuk LSM untuk mensukseskan program ini, lanjut Sertu Joko Sutomo, kita harus dongkrak dengan Instensifikasi pertanian hal ini sangat dan sering kita dengar baik itu dari media elektronik maupun media cetak. Pemerintah juga akhir-akhir ini sering menggembar-gemborkan masalah intensifikasi pertanian. Tetapi mungkin kita bingung sebenarnya apa arti dari intensifikasi pertanian tersebut.

Berikut saya akan mencoba menjelaskan tentang intensifikasi pertanian dan bagian-bagian yang terkait di dalamnya. Intensifikasi pertanian adalah salah satu usaha untuk meningkatkan hasil pertanian dengan cara mengoptimalkan lahan perhatian yang sudah ada. Intensifikasi pertanian memang sangat dianjurkan untuk diterapkan agar produk atau hasil pertanian bisa lebih banyak dengan kualitas yang lebih baik pula.

Mengoptimalkan lahan pertanian yang sudah ada, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Apakah Anda pernah mendengar istilah panca usaha tani yang atau sekarang menjadi Sapta Usaha Tani ? Ini adalah cara yang dipakai dalam intensifikasi pertanian.

  • Pengolahan tanah yang baik
  • Pengairan yang teratur
  • Pemilihan bibit unggul
  • Pemupukan
  • Pemberantasan hama dan penyakit tanaman
  • Pengolahan pasca panen
  • Penjualan hasil panen

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *