Membangun Mental Patriotisme Melalui Kemah Kebangsaan

Membangun Mental Patriotisme Melalui Kemah Kebangsaan

Membangun Mental Patriotisme Melalui Kemah Kebangsaan

KODIM 0709/KEBUMEN – Sebanyak 75 orang Siswa dan Siswi Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia (FPBI) mengikuti kemah kebangsaan selama tiga hari terhitung mulai tanggal 17 sampai dengan 19 Maret 2015 mengambil tempat dikomplek area Pemandian Air Panas Desa. Krakal Kec. Alian Kab. Kebumen, Kamis (19/3/15), Dari 75 orang peserta Putra dan Putri tersebut masing-masing merupakan duta sekolah yang ada diwilayah Kab. Kebumen.

Dalam acara Kemah Kebangsaan FPBI kali ini berbagai materi yang diberikan meliputi materi kebencanaan, materi wawasan kebangsaan, materi etika dan sikap sopan santun, materi budipekerti dalam prilaku siswa, materi kedisiplinan, materi toleransi beragama dan    membentuk jiwa kebersamaan atau jiwa korsa.

Adapun harapan diselenggarakannya Kemah Kebangsaan ini adalah upaya membangun Sikap, Mental, Moral, Karakter kepribadian yang disiplin, keuletan dan ketangguhan, jujur dan tidak mudah mengeluh serta kepedulian lingkungan dan kepada sesame, selain itu manfaat dan tujuan yang diperoleh dari kegiatan ini mengajarkan arti hidup bersama dan kerjasama.

Yang paling menonjol yaitu kebersamaan hidup, saling tolong menolong dalam situasi yang serba sulit karena dalam perkemahan ini fasilitas yang dimiliki dibuat seminimal mungkin untuk melatih jiwa generasi muda yang tahan uji.

Rangkaian Kemah Kebangsaan kali ini berbeda seperti biasanya yaitu dengan memberikan jelajah kebangsaan, seminar kebangsaan, diskusi interaktif dasar kehidupan berbangsa dan bernegaraserta kegiatan bakti sosial.

Acara Kemah Kebangsaan ini juga dibuka oleh Wakil Bupati Kebumen Ibu Hj. Djuwarni, Amd. Pd yang dihadiri oleh seluruh jajaran FKPD Kab. Kebumen dan para undang termasuk para pendamping guru masing-masing peserta.

Hadir sebagai narasumber Kodim 0709/Kebumen, Kesbangpolinmas Kab. Kebumen, BPBD Kab. Kebumen dan PMI Cabang Kebumen. Dandim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H dalam ceramahnya mengatakan, wawasan kebangsaan sangat penting ditanamkan sejak dini, karena dapat memelihara kesinambungan perjalanan kehidupan bangsa, serta terpeliharanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Terlebih bagi bangsa Indonesia yang amat heterogen, yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan adat istiadat, sangat penting dibangun kesadaran dan komitmen, untuk merasa satu, yakni satu tanah air, satu bahasa, satu bangsa dan satu cita-cita.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *