Panen Raya Koramil 09/Kutowinangun Bersama UPT dan Gapoktan Enggal Maju

Panen Raya Koramil 09/Kutowinangun Bersama UPT dan Gapoktan Enggal Maju

Panen Raya Koramil 09/Kutowinangun Bersama UPT dan Gapoktan Enggal Maju

KODIM 0709/KEBUMEN, Jum’at (20/3) Gerakan percepatan penanaman Padi, jagung dan Kedelai yang melibatkan Unsur TNI peran serta Babinsa untuk membantu para petani  dengan  perbaikan irigasi saluran air pertanian dalam penunjang pemberdayaan sarana Tani yang maksimal dengan Hasil yang memadai. ”Karena lahan pengelohan pertanian perkotaan yang mulai menyempit di setiap sudut Kota untuk mengimbangi pertumbuhan Ekonomi yang sangat cepat dengan era globalisasi,”.

Selain itu kita juga mengingat Indonesia adalah sebagai Negara agraris kita harus mampu memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri, disamping itu kebutuhan komoditas tanaman pangan seperti Padi,Jagung dan Kedelai memiliki peranan penting sebagai sumber kebutuhan pokok pangan. Kebutuhan Komoditas tersebut setiap tahunnya cenderung meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk.

Dengan dikeluarkan Nota kesepahaman bersama atau MoU antara Menteri Pertanian dengan Kasad yang salah satu isi diantaranya mengenai peran Babinsa agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan di bidang pertanian serta nantinya akan mendampingi kelompok tani sehingga produksi hasil pertanian bisa meningkat.

Dengan kondisi yang demikian Koramil 09/Kutowinangun dari mulai masa tanam sampai pasca panen secara gencar melaksanakan serbuan ke lahan pertanian di desa binaannya masing-masing. Pada hari Jum’at (19/03) terdapat kegiatan panen raya yang diselenggarakan di Dukuh Watu Tumpang Desa Tanjungsari Kec Kutowinangun tepatnya di gapoktan Enggal Maju. Gapoktan enggal Maju melaksanakan penanaman padi dengan varietas Sidenok untuk MT 1 tahun ini dihasilkan 15,7 Kuintal/100 ubin.

Dalam sambutannya Danramil 09/Kutowinangun menyampaikan serta menegaskan untuk para petani agar lebih semangat dalam bertani,diharapkan para petani juga melakukan koordinasi masalah atau hambatan di dalam pertanian dengan pihak UPT Pertanian dan para Babinsa Koramil 09/Kutowinangun. Sambutan dari UPT Pertanian Kec. Kutowinangun Ibu Suyati, S.PKP menyampaikan untuk para petani segera melaksanakan percepatan tanam, Memilih bibit unggul yang baik atau yang di sarankan oleh dinas pertanian serta saling bekerjasama dengan penyuluh pertanian dan Babinsa Koramil 09/Kutowinangun.

Pada acara Panen raya tersebut dihadiri oleh para petani sekitar 20 orang TNI 8 Orang dan PPL pertanian Kec. Kutowinangun 5 Orang. Menurut tanggapan ketua Gapoktan Enggal Maju Bapak Munsarif para petani merasa senang dengan di dampingi oleh babinsa dan para PPL pertanian bahkan intensitas kedatangan mereka di lahan persawahan hampir setiap hari. Sambil bergurau ketua gapoktan mengucapkan dengan bahasa kebumenan “Tentarane bae gelem nyemplung sawah masa awake dewek ora gelem nyemplung”

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *