Peran Babinsa Koramil 20/Buayan, UPSUS Swasembada Pangan

PERAN BABINSA KORAMIL 20/BUAYAN, UPSUS SWASEMBADA PANGAN

PERAN BABINSA KORAMIL 20/BUAYAN, UPSUS SWASEMBADA PANGAN

KODIM 0709/KBM, Babinsa Koramil 20/Buayan Serma Samijo melaksanakan  panen padi perdana pada musim tanam ke 1   di Desa binaan yaitu Desa Banyumudal, hadir pada kesempatan tersebut  Kepala Desa Banyumudal Bpk  Eko Supriyatno SE termasuk PPL UPT Distanak Kec. Buayan Bpk. Puryadi, ketua kelompok tani Bpk Hidayatus Solihin,  Sabtu (21/03/15)

Babinsa Desa Banyumudal dalam kesempatan itu memberikan arahan terkait tugas Babinsa yang dalam Program pemerintah yaitu percepatan swasembada pangan tahun 2017 terutama padi, jagung, kedela (PAJALE). Sebagai babinsa menjadi pendamping petani bersama PPL dalam pelaksanaan program tersebut,  oleh karena itu Serma Samijo mengungkapkan bahwa pentingnya teknologi untuk meningkatkan hasil panen misalnya dengan mengadakan ALSINTAN berupa traktor, mesin perontok padi dan alat – alat lain yang dapat meningkatkan hasil panen. Dalam kesempatan yang sama Serma Samijo juga menyampikan pesan dari Komandan Koramil 20/Buayan Kapten Czi Paulus Souhuwat yaitu pentingnya pengetahuan dan peningkatan sesuai perkembangan dibidang pertanian maka para petani harus mengikuti penyuluhan – penyuluhan yang diselenggarakan oleh Distanak dan Babinsa pada setiap saat, dan bila dianggap masih kurangnya penyuluhan  segera menghubungi Babinsa sehingga bisa ditambah waktunya. Penjelasan Babinsa dari  hasil panen pada saat ini cukup baik dan terjadi peningkatan bila dibanding dengan panen tahun lalu terbukti pada tahun ini bisa mencapai 7,7 ton/Ha ada peningkatan 0,5 ton karena petani sudah mengikuti petunjuk dan arahan Babinsa dan PPL UPT Distanak Kecamatan Buayan mulai dari pengolahan lahan, pemilihan bibit, pemupukan dan pemeliharaan serta didukung oleh cuaca yang baik, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Desa Banyumudal Bpk Eko Supriyatno SE dan PPL Bpk Puryadi secara bergantian mengungkapkan rasa terima kasih  kepada TNI umumnya dan kepada babinsa khususnya bahwa sudah bekerjasama dengan baik dan saling mendukung demi kebaikan bersama, terbukti hasil panen meningkat pada musim tanam kali ini, kerjasama yang sudah terjalin dengan baik  selama ini agar di pertahankan  dan di tingkatkan, demikian juga  ungkapan yang sama disampaikan oleh Bapak Hidayatus Solihin mewakili rekan rekan petani yang ada di lokasi panen saat itu dengan harapan musim tanam yang akan datang hasil yang telah di capai bisa di pertahankan, ungkapnya.

Pada kesempatan itu Babinsa atas nama Komandan Koramil 20/Buayan menyampaikan rasa bangga atas kerjasama yang terjalin antara Babinsa,PPL UPT  Distanak kecamatan Buayan dan petani  sehingga upaya khusus dalam rangka meningkatkan hasil panen pada musim panen kali ini cukup meningkat, hal ini karena petani melaksanakan semua arahan yang di sampaikan oleh Babinsa dan PPL Distanak Kec. Buayan termasuk kompak dalam memilih bibit yang baik, sehingga  pada musim tanam kali ini petani desa Banyumudal menanam padi varitas unggul CIHERANG dan terbukti terjadi peningkatan hasil panen yang lebih baik ,  yang  tidak kalah penting adalah dengan adanya petani telah sungguh – sungguh melaksanakan prosedur pengolahan lahan  sebagaimana yang dianjurkan pemerintah melalui  Babinsa dan PPL sehingga harapan peningkatan hasil produksi padi terus meningkat. Demikian juga tekad Babinsa desa Banyumudal Serma Samijo akan selalu mendapingi petani dan berusaha agar hasil yang di capai dapat di pertahankan sehingga keinginan pemerintah dalam rangka menuju swasembada pangan tahun 2017 dapat tercapai sebagaimana fungsi pembinaan wilayah dalam rangka membantu pemerintah  mensukseskan program pembangunan di daerah sebagaimana tertuang pada tugas TNI yaitu operasi militer selain perang (OMSP) demikian tekadnya.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *