UPSUS Prajurit Kodim 0709/Kebumen Sukseskan Swasembada Pangan

UPSUS PRAJURIT KODIM 0709/KEBUMEN SUKSESKAN SWASEMBADA PANGAN

UPSUS PRAJURIT KODIM 0709/KEBUMEN SUKSESKAN SWASEMBADA PANGAN

KODIM 0709/KEBUMEN – Dalam upaya pencapaian target swasembada pangan tahun 2017.Kodim 0709/Kebumen dan Pemerintah Daerah Kab. Kebumen khususnya Dinas Pertanian dan Peternakan menggelar rapat koordinasi terkait peran prajurit Kodim 0709/Kebumen dalam rangka Upaya Khusus (UPSUS) di Ruang Pertemuan Jatijajar Setda Kab. Kebumen, Rabu (18/3/15).

Hadir sebagai narasumber dalam rapat koordinasi tersebut Dandim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H, Kepala Distannak Kab. Kebumen Ir. Pudji Rahayu, acara tersebut juga dihadiri oleh Sekda Kab. Kebumen H. Adi Pandoyo, S.H. Msi, para unsur Muspika se-Kab. Kebumen, para KUPT Pertanian se-Kab. Kebumen, para Koord PPL se- Kab. Kebumen, Kades se-Kab. Kebumen, para Danramil se-Kab. Kebumen dan para Babinsa Kodim 0709/Kebumen.

Agenda utama dalam rapat kali ini dibahas tentang tugas pokok dan fungsi peran Babinsa Kodim 0709/Kebumen sebagai pendamping dan pengembangan irigasi guna menunjang suksesnya program swasembada pangan nasional yang menjadi prioritas pada komoditi Padi, Jagung dan Kedelai (PAJALE), namun yang lebih berbeda pada kesempatan kali ini dibahasnya percepatan Masa Tanam 2 (MT-2) yang akan dipercepat sebelum akhir bulan Maret 2015.

Terkait pembahasan jaringan irigasi Komandan Kodim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H mengungkapkan, realisasi dan luas tanam di wilayah Kab. Kebumen yakni luas sawahdi wilayah Kab. Kebumen  42.119 Ha dengan target luas tanam padi pada bulan Oktober –Maret 54,531 Ha sedangkan sisa luas tanam 9,845 Ha sehingga peluang luas tanam 19,693 Ha.

Ini akan dikejar pada masa tanam ke 2 (MT-2) yaitu sekitar pada bulan April – September 2015 dengan menggerakan para Danramil dan Babinsa untuk mengajak para petani melakukan percepatan tanam sebelum 31 Maret 2015 atau dengan sistim sebar pethuk.

Dikatakan pula terkait kelancaran jaringan irigasi sebagai penunjang utama Danramil beserta Babinsa akan melakukan upaya-upaya khusus agar kelancaran air pada jaringan irigasi dapat terpenuhi sesuai kebutuhan para petani dilapangan, melalui koord ketat dengan pihak Dinas SDA SDM Kab. Kebumen yang selanjutnya ditindak lanjuti dengan upaya perbaikan dilapangan baik yang JITUT maupun JIDES. Disampaikan pula oleh Dandim tentang target yang harus dicapai pada swasembada pangan melalui peran Babinsa di lapangan, sehingga dengan peran tersebut kita akan dapat mengontrol dan memantau hasil dan menghimpun hasil panen sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan evaluasi, tegas Dandim

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *