Babinsa Bantu Normalisasi Saluran Irigasi Sawah

Babinsa Bantu Normalisasi Saluran Irigasi Sawah

Babinsa Bantu Normalisasi Saluran Irigasi Sawah

KODIM 0709/KEBUMEN–  Kebutuhan terpenting petani dalam menggarap dan mengolah lahan adalah kebutuhan air baik yang diperoleh dari irigasi atau tadah hujan. Dengan lancarnya kebutuhan dan ketersediaan air bagi petani sangat menunjang untuk petani dapat segera mengolah lahannya kembali. Dengan motivasi seperti ini Babinsa Koramil 18/Puring serma Nasikun menggerakkan dan mengajak petani desa Krandegan untuk bergotong royong memperbaiki dan normalisasi saluran irigasi sawah agar dapat mendukung dan menunjang para petani di desa binaannya segera bisa mengolah lahan sawahnya. Normalisasi saluran irigasi sawah tujuan utamanya yaitu agar airirigasi  yang tersedia dari waduk ataupun dari bendung dapat mengaliri lahan sawah yang ada secara merata. Dengan lancarnya aliran air dari irigasi yang ada dapat memudahkan para petani untuk segera menggarap lahannya. Berdasarkan data irigasi yang ada desa Krandegan merupakan salah satu desa di kecamatan Puring yang teraliri saluran irigasi yang mencukupi, ada 6 desa di wilayah puring yang sudah tersaluri saluran irigasi dari waduk. Selebihnya masih menggunakan bendung dan mengandalkan Sadon/Tadah hujan.

Dengan ketersediaan air yang sudah cukup, hal ini harus dipelihara salah satunya yaitu dengan menjaga saluran air agar tetap bersih supaya aliran air lancar dan oncoran air dapat mengairi seluruh lahan sawah yang ada. Daerah-daerah yang tergolong lahan sawahnya sudah terpenuhi kebutuhan airnya sudah tidak perlu lagi dengan Optimasi lahan, Optimasi lahan diperlukan terhadap lahan yang kurang ketersediaan airnya sebagai salah satu upaya khusus dalam meningkatkan hasil panen yang maksimum.

Peran dan kreatifitas Babinsa yang telah dilakukan mendapat tanggapan yang positif dari warga masyarakat setempat, Kepala desa Krandegan mewakili masyarakatnya mengucapkan banyak terima kasih atas apa yang sudah dikerjakan oleh Babinsa koramil 18/Puring ( Serma Nasikun ) yang telah dapat memotivasi warga masyarakat di desanya sehingga memacu semangat warganya menjadi lebih baik.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *