Babinsa Koramil 11/Mirit Dirikan Rumah Burung Hantu (RUBUHA)

Babinsa Koramil 11/Mirit Dirikan Rumah Burung Hantu (RUBUHA)

Babinsa Koramil 11/Mirit Dirikan Rumah Burung Hantu (RUBUHA)

KODIM 0709/KEBUMEN. Hama  tikus seringkali menjadi momok parapetani khususnya yang tengah menanam padi Karena adanya hama tikus tersebut membuat panen gagal atau berkurang dari yang ditargetkan. Selama ini para petani kesulitan untuk mengatasi permasalahan ini karena minimnya masalah musuh alami. Burung hantu merupakan musuh alami paratikus.  Sangat efektif menekan pengerahan para tikus di waktu malam hari. Kecepatan terbang burung hantu dan ketajaman matanya membuat para tikus tersembunyi dan tidak memakan padi.

Dalam kesempatan ini  PPL Pertanian Kec. Bonorowo Ibu Retno  SP  dalam pengarahan menyampaikan saat ini jumlah burung hantu semakin lama semakin berkurang hal ini tidak  lain karena banyaknya orang yang memburunya. Burung hantu sering di buru untuk dijadikan binatang peliharaan, ada pula memburunya untuk diperjualbelikan.  Inilah yang  membuat  jumlah burung hantu semakin berkurang dan jumlah tikus sawah pun  semakin meningkat.  Setidaknya dalam sehari burung hantu bisa memangsa sekitar  6 hingga  7 ekor tikus.  Jika jumlah burung hantu semakin banyak maka akan semakin banyak pula jumlah tikus yang  diburu oleh burung hantu.

Babinsa desa Mrentul Sertu Nurhadi mendorong para petani untuk diberikan pelatihan mengembang biakan burung hantu  di  sekitar lahan penanaman padi. Seperti halnya bertempat di desa Mrentul Rt/Rw01/01 Kec. Bonorowo pada hari Minggu (29/3) telah dilaksanakan pembuatan/pendirian rumah burung hantu. Acara tersebut dihadiri oleh PPL pertanian, Gapoktan, tokoh masyarakat dan petani setempat. Para petani mendukung dengan baik acara tersebut karena mengingat besar sekali manfaatnya yang  diperoleh dengan adanya rumah burung hantu. Yaitu hama tikus semakin berkurang hasil pertanian lebih meningkat. (https://www.kodim0709.com).

 

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *