Babinsa Koramil 15/Klirong Olah Lahan Penyemaian Padi

Babinsa Koramil 15/Klirong Olah Lahan Penyemaian Padi

Babinsa Koramil 15/Klirong Olah Lahan Penyemaian Padi

KODIM 0709/KEBUMEN Selasa (07/04) 2015 Anggota koramil 15 Klirong koptu Eko Priyono, bersama salah satu warga desa Karangglonggong. Klirong memulai membuat tempat persemaian  padi  pada lahan milik Ketua Gapoktan TANI MAKMUR Rahmat Faozi.    Selama menunggu proses penguraian lahan sawah selesai, sebaiknya kita membuat tempat persemaian. Rekomendasi tempat persemaian yang baik adalah 4-5 % dari luas lahan yang akan kita tanam. Kalau kita mempunyai lahan 1 hektar maka tempat persemaian yang akan kita buat minimal 400-500 m2. Bila petani punya lahan ½ ha maka diperlukan sekitar 200-250m2. Kepala UPT wilayah binaan Ds. Karangglonggong Samud,A.Md menjelaskan,”Untuk lahan pembibitan ini, harus kita perhatikan antara lain:                                                                          
Pertama
, lihat arah matahari. Arah lahan  pembibitan ini harus menghadap timur dan barat. Mengapa? Jawabannya, supaya sinar matahari maksimal merata sampai ke semua tanaman, terutama pada bagian bawah tanaman.

Kedua, Jangan terhalang pohon atau bangunan.

Ketiga, Lebar tempat pembibitan. Sesuai rekomendasi, bila kita beli benih kemasan (label biru) biasanya ada petunjuk teknis pembibitan. Lebar tempat pembibitan tersebut 1,1-1,2 meter. Dan tak boleh lebih dari 1,5 m. Sedangkan buat panjangnya disesuaikan dangan panjang sawah si petani. Untuk mudahnya, tempat pembibitan yang baik sama seperti kita menanam pohon bayam/kacang tanah dll. Ada jarak yang lowong.

Keempat, berikan juga pupuk kandang atau bahan organik yang sudah jadi untuk tempat pembibitan ini. Ukurannya bisa 50-100 kg per 400 m2.

Kelima, berikan pupuk npk ponska sebanyak 1 sendok maka per 1 m2. Kalau 1 sendok ukurannya adalah 15 g maka untuk 400 meter adalah 6000 g atau 6 kg. Pupuk organic dan pupuk NPK bisa dicampurkan dan disebar merata pada permukaan tempat pembibitan. Setelah itu permukaan lahan yang akan ditanami diratakan.

Keenam, lahan siap untuk ditaburi benih

Ketujuh, Perhatikan faktor air  jangan kekurangan air dan jangan pula berlebihan air karena akan mengganggu proses pertumbuhan bibit nantinya.

Permalink : https://www.kodim0709.com

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *