Bentuk Karakter Displin Pelajar Tanamkan Jiwa Patriotisme dan Nasionalisme

 Bentuk Karakter Displin Pelajar Tanamkan Jiwa Patriotisme dan Nasionalisme

Bentuk Karakter Displin Pelajar Tanamkan Jiwa Patriotisme dan Nasionalisme

KODIM 0709/KEBUMEN. Bertempat di halaman SMP Negeri 1 Petanahan di gelar kegiatan pelajar berbaris dan pelajar berdisiplin, Rabu (22/4/15). Pada kesempatan tersebut Koramil 16/ Petanahan mengadakan latihan pelajar berbaris guna mewujudkan sikap dan mental siswa yang berdisiplin dan berkarakter, berjiwa patriot dan berwawasan nasional yang berkepribadian Moral Pancasila, ditanamkan pula menumbuhkembangkan semangat pribadi bangsa yang luhur.

Melalui metoda latihan pelajar berbaris pihak sekolah nantinya bisa melanjutkan pada beberapa even kegiatan hal ini dimaksudkan agar kualitas dan mutu para siswa didik khususnya di lingkungan Sekolah SMP Negeri 1 Petanahan dapat memberikan cerminan sebagai siswa yang berwatak kesatria bangsa, hal ini pula dapat menepis anggapan masyarakat akan kurangnya penerapan karakter bangsa. Masalah martabat bangsa bisa kita pupuk sejak dini pada masa mereka di bangku sekolah agar terbentuk karakter kuat sebagai pondasi masa depan negara, ujar Danramil 16/Petanahan Kapten Inf Agus Handoyo. Pelatihan pelajar berbaris tersebut merupakan salah satu upaya untuk membentuk watak, sikap dan mental yang tangguh sebagai mana yang termaktub pada metoda Binter yakni mewujudkan RAK juang yang tangguh guna kemanunggalan TNI Rakyat yang kuat dan dinamis.

Arti pentingnya yaitu melaksanakan latihan fisik diperlukan oleh pihak sekolah guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara hidup siswa  yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu, yang nantinya diharapkan  agar para siswa belajar bertangung jawab, tumbuh rasa senasib sepenanggungan serta keikhlasan dalam melaksanakan tugas belajar. Kegiatan yang diikuti oleh 115 siswa-siswi dilaksanakan di halaman SMP Negeri 1 Petanahan, semua kegiatan berjalan sesuai jadwal atas koordinasi antara pihak Sekolah dengan Koramil 16/Petanahan, dengan instruktur Serda Nurulyakin dibantu oleh 2 orang Babinsa Kopka Kamilin dan Koptu Juhri.

Adapun materi yang diberikan meliputi gerakan ditempat, gerakan berjalan dan tata urutan upacara, kegiatan dilanjutkan materi arahan singkat tentang cara tangkal penyalahgunaan media sosial yang akhir-akhir ini banyak menimbulkan efek negatif para pemakai media sosial, kondisi terakhir terkait situasi maraknya bisnis online yang baru-baru ini mengkhawatirkan banyak orang tua. Antusiasme para siswa siswi SMP Negeri 1 Petanahan dalam mengikuti materi yang di berikan oleh para Babinsa Koramil 16/Petanahan. Saya senang ini merupakan pengalaman kami dan kai suka dilatih TNI karena saya mau jadi tentara, ujar Arul (14) salah satu siswa mengungkapkan kesannya saat mengikuti latihan.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *