Koramil 09/Kutowinangun dan Gapoktan Bulupitu Jaya Dukung Optimalisasi Lahan

Koramil 09/Kutowinangun dan Gapoktan Bulupitu Jaya Dukung Optimalisasi Lahan

Koramil 09/Kutowinangun dan Gapoktan Bulupitu Jaya
Dukung Optimalisasi Lahan

KODIM 0709/KEBUMEN, Pendampingan/pengawalan Upsus merupakan faktor penting dalam pencapaian target produksi yaitu dengan mengerahkan sumber daya yang ada di jajaran kementrian pertanian dan seluruh jajaran satuan TNI AD. Tugas pengawalan mulai dari persiapan pertanaman yaitu mengumpulkan data dari setiap Kabupaten antara lain pengumpulan data saluran irigasi, luas tanam dan produksi, pengawalan ketersedian pupuk, benih dan sarana pertanian. Babinsa akan membantu petani agar program swasembada pangan ini dapat terwujud pada tahun 2017. Dukungan dari jajaran TNI ini telah diwujudkan sejak persiapan pertanaman sampai pengawalan benih dan pupuk. Pelatihan singkat diberikan kepada para Babinsa oleh para pakar yaitu penyuluh, para peneliti dari Dinas Pertanian dan Balitbangtan untuk memudahkan operasionalisasi mereka di lapangan. Beberapa materi pelatihan yang diberikan kepada para Babinsa dari Kodim 0709 Kebumen, salah satu materi yang diberikan adalah optimalisasi lahan, peningkatan penggunaan benih bermutu, penerapan teknologi pemupukan yang tepat, pengamanan produksi dari OPT.

Rabu (15/4) Danramil 09/Kutowinangun Kapten Arh Suwarno bersama Kepala UPT Kec.Kutowinangun dan seluruh petani Gapoktan Bulupitu Jaya melaksanakan penanaman kedelai di Desa Tunjungseto Kec.Kutowinangun Kab.Kebumen. Dimana lahan tersebut memang sudah dipersiapkan untuk pengoptimalisasi lahan guna mendukung swasembada pangan khususnya kedelai. Untuk lahan yang akan ditanami seluas 10 Ha dengan jenis kedelai Grobogan, yang mana untuk kedelai sampai di penyiapan pupuk sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Danramil 09/Kutowinangun Kapten Arh Suwarno memberikan pesan kepada para petani gapoktan bulupitu jaya agar selalu menjalin koordinasi baik kepada Babinsa ataupun PPL bilamana terjadi kesulitan dilahan,selain itu  Kapten Arh Suwarno juga memberikan semangat,kebersamaan,kekompakan kepada para petani.Harapan semoga optimalisasi lahan yang sekarang di tanami kedelai bisa berhasil dengan maksimal.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *