Penyemprotan Tanaman Kedelai Untuk Pengendalian Hama

Penyemprotan Tanaman Kedelai Untuk Pengendalian Hama

Penyemprotan Tanaman Kedelai Untuk Pengendalian Hama

KODIM 0709/KEBUMEN–  Pengendalian hama dengan menggunakan media penyemprotan pestisida dan fungisida adalah metode yang paling praktis dilakukan oleh para petani khususnya para petani kedelai. Babinsa Ramil 18/Puring Pelda Dalmin dan Serma Nasikun membantu Poktani Dwi Guna Desa Kaleng membantu penyemprotan untuk pengendalian hama tanaman kedelai, Rabu (1/4).  Bersama para petugas PPL Kec. Puring yang dipimpin oleh Bapak Margono Poktani Dwi Guna melakukan penyemprotan tanaman kedelai dengan penuh semangat.

Hama ulat dan jamur adalah jenis hama yang sering merusak dan mengganggu tanaman pada kedelai, ini harus setiap saat dikendalikan dan pencegahan. Pencegahan hama ini dilakukan dengan cara penyemprotan pada daun tanaman kedelai pada awal pertumbuhan dan masa pertumbuhan sampai dengan pertumbuhan bunga. Pada masa ini biasanya tanaman sudah mencapai umur 35 hari (dihitung rata-rata), dan bertahap sampai selanjutnya tanaman berbuah. Berbagai jenis ragam hama yang dapat menyerang tanaman kedelai, ada yang menyerang pada masa tanaman umur masih muda, hama yang menyerang batang tanaman dan daun serta hama yang menyerang pada buah. Jenis-jenis hama yang sering menyerang tanaman kedelai adalah Kutuhitam/coklat, lalat buah, lembing hijau, kumbang, ulat hijau, ulat grayak dan kupu-kupu. Hama-hama tersebut harus dicegah dengan cara penyemprotan insektisida dan fungisida.

Karakteristik hama tanaman kedelai bermacam-macam, untuk pencegahan dan pengendalian diperlukan jenis insektisida seperti Furadan, risodium, desinon, azodrin, Dursa bandan fomodol. Khusus untuk jenis kumbang bisa dilakukan pemyemprotan pencegahan dengan Agrothion, Basudindan Diashinon. Sebelum penyemprotan dilakukan para petugas PPL mengingatkan petani kedelai agar dosis obat-obatan yang akan digunakan sesuai dengan ukuran supaya tidak mengganggu pada tanaman nantinya. Biasanya apabila kelebihan dosis akan mengakibatkan tanaman kedelai layu dan mati. Masa perawatan tanaman kedelai bisa sampai tanaman umur 60 hari, untuk selanjutnya menunggu sampai tanaman siap di panen umur maksimal 90 hari.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *