Babinsa Bina Petani dengan Metoda Komunikasi Sosial

Babinsa Bina Petani dengan Metoda Komunikasi Sosial

Babinsa Bina Petani dengan Metoda Komunikasi Sosial

Kodim 0709/Kebumen. Babinsa Koramil  13/Buluspesantren Kodim 0709/Kebumen Pelda Suprayitno melaksanakan komsos dengan para petani di Desa Bocor Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen ( 19/5)

dalam rangka kegiatan pendampingan untuk meningkatkan produksi padi melalui program bantuan SRI ( System of Rice Intensification ).Pada kesempatan tersebut Babinsa mengajak para petani terutama yang mendapatkan bantuan program SRI untuk segera mulai menanam padi karena persemaian padi sudah berumur kurang lebih dua minggu.

Menurut petugas penyuluh lapangan bahwa bibit padi yang bagus untuk ditanam adalah yang sudah berumur lebih dari dua minggu sampai dengan tiga minggu. Karena perkembangan anakannya akan lebih banyak dan pertumbuhannya pun lebih bagus. Disamping itu, cara menanam juga harus sesuai dengan petunjuk tehnis yang telah disampaikan oleh petugas penyuluh yaitu dengan jarak 30 cm X 30 cm ( system ubin ).

Kebayakan para petani masih menggunakan cara atau sistem yang lama yaitu menanam padi dengan jarak yang terlalu rapat, dengan alasan agar bibit yang ditanam menjadi lebih banyak, padahal hal itu justru akan mengurangi pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi, karena sinar matahari akan sangat sulit menembus ke sela-sela tanaman.  Berbeda dengan cara menanam dengan jarak yang diatur tidak terlalu rapat, selain bertujuan agar sinar matahari bisa menembus ke sela-sela tanaman juga diharapkan anakan tanaman padi akan lebih banyak serta perkembangan tanaman padi menjadi lebih baik.  Disamping itu juga akan lebih menghemat bibit padi serta menghemat tenaga dan waktu penanaman. Hal ini tentu akan bisa meningkatkan produktivitas  panen untuk mencapai swasembada pangan.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *