Babinsa Koramil 20/Buayan Kunci Swasembada Pangan Perbaikan Irigasi

Babinsa Koramil 20/Buayan Kunci Swasembada Pangan Perbaikan Irigasi

Babinsa Koramil 20/Buayan Kunci Swasembada Pangan Perbaikan Irigasi

KODIM 0709/KEBUMEN – Salah satu upaya dalam perecepatan swasembada pangan tersebut dilaksanakan melalui perbaikan irigasi. Saluran irigasi sepanjang 500 m dengan lebar 1 meter dengan kedalaman 75 cm secara swadaya dan gotong royong dilaksanakan di Desa Purbowangi Kec. Buayan Kab. Kebumen, kegiatan tersebut merupakan prakarsa Babinsa Koramil 20/Buayan Sertu Maryanto.

Menurut Maryanto, dengan pengairan yang baik, maka akan menunjang benih yang baik serta menggenjot produktivitas lahan. Irigasi, sarana produksi, bibit, tapi jika tidak ada air ya buat apa. Tetap jantungnya di air, ujar Maryanto. Dengan bantuan masyarakat Desa Purbowangi, Maryanto yakin Kebumen akan swasembada pangan tiga komoditas yaitu padi, jagung, dan kedelai pada tahun 2017. Bahkan Maryanto yakin, swasembada padi dapat tercapai lebih cepat pada tahun 2016. Sehingga Maryanto meminta kepada seluruh masyarakat di Desa Purbowangi untuk dapat bekerja sama salah satunya memperhatikan jaringan tersier yang mengalirkan air ke lahan persawahan.

Hasil pengamatan selama ini, Maryanto menemukan beberapa jaringan irigasi tidak berjalan dengan baik, bahkan ada yang tidak berfungsi sama sekali, salah satunya yang berada di Desa Purbowangi tepatnya sekitar area Demplot Kodim 0709/Kebumen. Atas upaya koordinasi yang matang maka kegiatan perbaikan jaringan irigasi mendapat dukungan warga sebanyak 70 orang.

Kebersamaan TNI dan rakyat untuk swasembada pangan merupakan suatu keharusan. Karena ini menjadi harkat Kebumen ke depan, ujar Maryanto penuh semangat. Maryanto mengharapkan dengan adanya perbaikan irigasi ini dapat berpengaruh pada peningkatan produktivitas dan juga indeks pertanaman tiga komoditas yang ditargetkan sesuai program pemerintah Indonesia. Dengan begitu, swasembada pangan tiga komoditas padi, jagung dan kedelai dapat tercapai pada tahun 2017.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *