Koramil 02/Gombong Laksanakan Normalisasi Saluran Irigasi

Koramil  02/Gombong  Laksanakan Normalisasi Saluran Irigasi

Koramil 02/Gombong Laksanakan Normalisasi Saluran Irigasi

KODIM  0709/KEBUMEN, Jum’at (24/4/2015)  Koramil    02/Gombong bersama kelompok tani melaksanakan kegiatan normalisasi saluran irigasi bertempat di Desa Klopogodo Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen.

Serda Sarwoko menyampaikan bahwa kegiatan normalisasi saluran irigasi  dilakukan guna memperlancar arus oncoran air ke area pesawahan warga lahan pertanian, hal ini merupakan bagian kegiatan pendampingan pertanian sekaligus tanggungjawab semua sehingga petani dalam melaksanakan musim tanam tidak terhambat, juga dalam rangka mendukung  program pemerintah tentang ketahanan pangan agar bisa terlaksana dengan baik.

Seputar Pengertian Irigasi, Tujuan Dan Fungsinya. Sejak jaman dahulu manusia sudah memulai untuk memakai dan mengembangkan sistem irigasi. Agar dapat mempermudah dalam pengairan lahan pertanian ataupun perkebunan. Apalagi didukung dengan dekatnya wilayah yang kaya akan air atau daerah yang beriklim dengan curah hujan yang tinggi.

Irigasi adalah suatu sistem untuk mengairi suatu lahan dengan cara membendung sumber air. Atau dalam pengertian lain irigasi adalah usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air irigasi untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa, dan irigasi tambak.

Irigasi merupakan upaya yang dilakukan manusia untuk mengairi lahan pertanian. Dalam dunia modern, saat ini sudah banyak model irigasi yang dapat dilakukan manusia. Pada zaman dahulu, jika persediaan air melimpah karena tempat yang dekat dengan sungai atau sumber mata air, maka irigasi dilakukan dengan mengalirkan air tersebut ke lahan pertanian. Namun, irigasi juga biasa dilakukan dengan membawa air dengan menggunakan wadah kemudian menuangkan pada tanaman satu per satu. Untuk irigasi dengan model seperti ini di Indonesia biasa disebut menyiram.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *