Koramil 12/Ambal Siapkan Benih Percepat Masa Tanam II

Koramil 12/Ambal Siapkan Benih Percepat Masa Tanam II

Koramil 12/Ambal Siapkan Benih Percepat Masa Tanam II

Kodim 0709/Kebumen, Sabtu 2 Mei 2015 Anggota Koramil 12/Ambal Serda Muhadi beserta anggota Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Ibu Endang, Bapak Taufik dan Ibu Esti melaksanakan pendampingan guna menyiapkan bibit untuk tanam padi di Desa Peneket, Kecamatan Ambal Kelompok tani Asri yang diketuai Bapak M Munir.

Sebelum bibit tanaman padi siap untuk ditanam terlebih dahulu diadakan penyiapan tempat atau lahan yang akan ditanamai atau disemaikan bibit, tanah harus diolah semaksimal mungkin tidak boleh terlalu kering juga tidak terlalu banyak air agar benih yang disebar bisa tumbuh secara maksimal. Sebelum benih disebar tanah yang diolah lalu diberi pupuk kandang atau pupuk organik agar pertumbuhan bibit padi lebih bagus dan waktu pencabutan bibit akan lebih mudah dan tidak banyak putus.

Penanganan bibit setelah benih disebar agar tidak dimakan tikus atau keong maka pinggiranya perlu diberi plastic agar tikus dan keong tidak bisa masuk dan air juga perlu diataur agar sewaktu benih disebar bisa tumbuh semua dan hasilnya akan bagus dan sesuai harapan. Setelah bibit sudah tumbuh perlu dilakukan pengendalian hama terutama hama belalang. Bibit tanaman padi sudah siapa ditanam apabila sudah berumur 20 sampai 21 hari karena bila terlalu muda bibit kalau dicabut masih bisa patah dan bibit tanaman padi terlalu tua perkembangan tumbuhnya bibit tidak maksimal karena pertumbuhan anakanya tidak bisa banyak sehingga hasil panen tidak bisa maksimal.

Dengan pengawasan yang intensif maka pertumbuhan bibit bagus jika ditanam dengan benar juga akan menghasilkan padi yang bagus juga, sehingga program pemerintah yang menargetkan swasembada pangan akan tercapai dengan bagus dan maksimal.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!”

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *