Wakil Bupati Kebumen Resmi Tutup Kegiatan TMMD Sidototo

Wakil Bupati Kebumen Resmi Tutup Kegiatan TMMD Sidototo

Wakil Bupati Kebumen Resmi Tutup Kegiatan TMMD Sidototo

KODIM 0709/KEBUMEN, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah kelanjutan Program ABRI Masuk Desa (AMD) yang dimulai 1980 selama 35 tahun. Program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, kementerian/lembaga pemerintah, non kementerian dan masyarakat itu telah menghasilkan capaian yang tidak sedikit di seluruh pelosok Kabupaten Kebumen.

Dalam sambutan tertulisnya, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, mengatakan, TMMD telah secara berkesinambungan membantu pemerintah meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam hal ini, semua program TMMD harus berasal dari aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah perdesaan tertinggal, terisolir, wilayah perbatasan atau kawasan kumuh perkotaan, serta terkait dengan kebutuhan nyata masyarakat setempat yang harus segera dicarikan solusinya.

Komandan Kodim 0709/ Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, SH, mengatakan, pelaksanaan TMMD ke-94 juga akan meliputi kegiatan yang terkait dengan sasaran fisik dan nonfisik. Kegiatan di wilayah Kodim 0709/Kebumen, yang dimulai sejak tanggal 8 sampai dengan 27 Mei 2015, sebagai pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2015, bersama dinas/instansi terkait dan masyarakat, dengan lokasi sasaran, Desa Sidototo, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen.

Latar belakang dipilihnya Desa Sidototo, sebagai desa tertinggal, prasarana jalan penghubung dan drainase belum memadai, peran dan semangat gotong-royong cukup tinggi, dan merupakan hasil Musrembang tahun 2014 di tingkat Kabupaten Kebumen.

Sasaran TMMD kegiatan fisik, pembangunan jalan rabat beton dengan panjang 839,25 meter, pembuatan plat dueker 3 unit, pembuatan talud penahan pasangan batu panjang 75 meter, tinggi 1,8 meter, dan tambahan rehab tempat ibadah 1 unit, dan rehab rumah tidak layak huni sebanyak 15 unit dapat selesai tepat waktu. Untuk kegiatan nonfisik, antara lain. Disamping kegiatan fisik juga diselenggarakan kegiatan berupa sasaran non fisik yang meliputi Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Kadarkum, Penyuluhan UMKM, Penyuluhan Tenaga Kerja, Sosialisasi BPJS Kesehatan, Penyuluhan Reproduksi sehat, Penyuluhan Bahlatkom, Gultor/penanggulangan teroris, Penyuluhan percepatan penganekaragaman konsumsi berbasis pangan lokal, dilanjutkan praktek, Pembinaan perangkat desa, Penyuluhan kependudukan dan catatan sipil, Pasar rakyat dan Pemutaran film. Melalui Kades Sidototo masyarakat mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan TMMD selama ini berjalan tanpa menemui hambatan.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *