Dandim 0709/Kebumen Ajak Masyarakat Manfaatkan Sampah Organik dan Anorganik

    Dandim 0709/Kebumen Ajak Masyarakat Manfaatkan Sampah Organik dan Anorganik

    Dandim 0709/Kebumen Ajak Masyarakat Manfaatkan Sampah Organik dan Anorganik

    KODIM 0709/KEBUMEN – Sebenarnya sampah adalah hasil kotoran atau barang bekas yang manusia dihasilkan,  seperti sampah organik dan anorganik, adapun sampah organik yakni sebuah sampah basah yang berasal dari mahluk hidup seperti daun, sisa dapur sampai dengan sampah hewan, pemanfaatannya bagi masyarakat yaitu untuk pembuatan kompos, berikut cara pemanfaatan sampah menjadi kompos :

     

     

    SAMPAH ORGANIK

    DIBUAT MENJADI KOMPOS

    Kompos dapat dibuat dari sampai organik yang mengandung karbon dan nitrogen seperti sampah hijau, kotoran hewan, lumpur cair dan lain-lain, dalam prosesnya pengomposan dimulai dengan pemilihan jenis sampah, pengecilan ukuran, penyusunan tumpukan, pembalikan, penyiraman, hingga proses penyimpanan. Sebaiknya seluruh tahapan dilakukan dengan cara organik.

    ADIJADIKAN SEBAGAI PUPUK SEDERHANA DAN MURAH

    Sampah hijau yang berupa dedaunan atau contoh sampah dapur, caranya  sangat mudah, kita tinggal membuat lubang yang digunakan untuk membuang atau menanam sampah organik tersebut sehingga kita tidak perlu membakar sampah organik. Sampah yang ditanam akan menyediakan unsur hara dan membuat siklus ekosistem dalam tanah berjalan dengan normal.

    JADIKAN TAMBAHAN PAKAN TERNAK

    Salah satu penelitian yang berhasil membuat pakan ayam dan ikan dari limbah organik rumah tangga dengan cara mencampur sisa sayuran, ikan dan ayam dengan dedak kemudian difermentasi dengan menggunakan mikroba Nitrogen Phosphate Recovery Consentred Feed Product Developpment Organism (NOPCO) selama lima hari sehingga menghasilkan pellet pakan ternak.

    JADIKAN KERAJINAN TANGAN

    Sebagai sumber penghasilan pemanfaatan sampah organik bagi para ibu rumah tangga, bahkan jika ditangani secara serius bisa sebagai penghasilan tambahan seperti membuat kain dari serat tanaman, membuat sandal dari daun pandan, membuat ornament bunga dari kulit jagung, membuat tas dari batok kelapa dll.

    SAMPAH ANORGANIK

    Sampah anorganik merupakan jenis samapah yang sulit sekali untuk dapat terdegradasi oleh alam, jenisnyapun berfariasi mulai dari plastic, kertas, logam dll.  Nah bagaimana cara pemanfaatannya simak berikut ini :

    CSEBAGAI KERAJINAN TANGAN

    Sampah plastic dapat kita jadikan kerajinan seperti tas seperti bekas bungkus kopi, detergen, mie dan lainnya.

    DAUR ULANG SENDIRI

    Sampah yang ada kita bisa manfaatkan daur ulang sendiri seperti membuat kaleng bekas menjadi tempat pensil, dengan cara bersihkan kaleng bekas yang kotor dari debu dan kotoran lainnya, kemudian potong salah satu tutupnya, lalu siapkan kain flannel ataupun kain perca untuk menutupi bagian kaleng, setelah selesai, berikan hiasan seperti pita ataupun dibuat gambar wajah hewan kartun, maka akan jadilah tempat pensil dari kaleng bekas yang sederhana namun elegan.

    SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF

    Sampah organik bisa sebagai bahan bakar melalui pembusukan sampah anorganik dapat menghasilkan gas yang bernama gas metana yang dapat digunakan sebagai bahan bakar alternative untuk kebutuhan rumah tangga atau industri kecil.

     

    SEBAGAI SUMBER LISTRIK

    Secara tidak langsung sampah anorganik dapat dijadikan sebagai sumber listtrik alternative dengan cara merubah sampah agar menghasilkan gas metana, dimana gas ini dapat dijadikan bahan bakar untuk menjalankan pembangkit listrik.

    SEBAGAI WADAH ALTERNATIF

    Sampah-sampah yang berbentuk wadah seperti kaleng bekas minuman, botol beling, kaleng biscuit dan sejenisnya bisa dialihkan fungsikan menjadi wadah alternatif. Agar lebih menarik anda bisa mengukir, melukis atau memberikan hiasan pada wadah tersebut  seperti kaleng bekas sarden bisa disulap menjadi wadah tempat penyimpanan pinsil dengan diberikan ukiran atau menyampulnya dengan kertas kado. https://www.kodim0709.com.

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *