Jauhkan Lahan Padi Dari Organisme dan pengganggu Tanaman (OPT)

Jauhkan Lahan Padi Dari Organisme dan pengganggu Tanaman (OPT)

Jauhkan Lahan Padi Dari Organisme dan pengganggu Tanaman (OPT)

KODIM 0709/KEBUMEN – Babinsa Koramil 01/Kebumen Serma Bambang Suprayogo melaksanakan monitoring dan pemeriksaan tanaman padi dari Organisme dan pengganggu Tanaman (OPT) di lahan persawahan Desa Kutosari, Rabu (8/7/15).

Dalam Kegiatan tersebut ikut serta petugas dari UPT Distanak Kecamatan Kebumen yang diwakili oleh Ibu Anna petugas penyuluh (PPL) untuk wilayah Desa Kutosari.

Adapun kendala yang dihadapi di lapangan yang masih menonjol dalam kegiatan penanggulangan organisme pengganggu tanaman yang sering dan banyak dijumpai yaitu berupa keong dan belalang.

Kegiatan Monitoring dan Pemeriksaan OPT tersebut dimaksudkan untuk melihat langsung sejauh mana penanganan para petani dalam merawat tanaman padi supaya terhindar dari kendala dan permasalahan yang berkaitan dengan hama dan penyakit tersebut, sehingga tanaman yang kita pelihara lebih sehat dan meminimalisir timbulnya kembali dari ancaman penyakit dan menepis anggapan penurunan hasil produksi gabah apabila tidak segera diatasi.

Sebagai pendamping pertanian Babinsa Koramil 01/Kebumen senantiasa melaksanakan koordinasi dengan para petani baik mulai dari para Gapoktan, Poktan dan termasuk para PPL Pertanian untuk selalu memelihara area pertanian guna mengaktualisasikan tanggungjawab suksesnya swasembada pangan, disamping itu pula dalam kegiatan di lapangan senantiasa mensinergikan Gerakan Pola Pertanian Tanaman Terpadu (GPPTT) tentunya koordinasi bersama instansi terkait guna mendukung suksesknya program pemerintah dalam hal peningkatan Ketahanan Pangan. Termasuk didalamnya juga melakukan monitoring jaringan irigasi sebagai bagian terpenting dalam rangka memenuhi ketersediaan air untuk lahan pertanian.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *