Kodim Gelar Seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kab. Kebumen

Kodim Gelar Seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kab. Kebumen

Kodim Gelar Seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kab. Kebumen

KODIM 0709/KEBUMEN – Memulai hari pertama seleksi penerimaan peserta calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Kebumen dimulai dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-70, Sabtu (11/7/15). Kegiatan bertempat di Alun-alun Kebumen yang diikuti oleh 242 calon peserta Paskibra dari 30 sekolah tingkat SLTA baik negeri maupun swasta di wilayah Kab. Kebumen.

Dalam seleksi kali ini jumlah peserta meningkat daru tahun sebelumnya yakni untuk peserta Putra 118 orang dan Putri 124 orang. Mereka masih akan terus menjalani beberapa rangkaian kegiatan seleksi seperti sikap, ketangkasan dan fostur tubuh, dari jumlah peserta 242 orang calon tersebut, berhasil terseleksi sebanyak 47 orang yakni putra 31 orang dan putri 16 orang yang nantinya akan ditetapkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dari 47 orang tersebut nantinya akan mengemban tugas sebagai pasukan pengibar bendera saat puncak peringatan HUT ke-70 Republik Indonesia, baik saat upacara pengibaran bendera dan saat upacara penurunan bendera, mereka akan bertugas dan melaksanakan kegiatan latihan sampai menjelang tanggal 16 Agustus 2015 dalam bentuk pasukan tujuh belas, pasukan delapan dan pasukan empat lima.

Teriknya matahari tidak menyurutkan semangat para peserta dalam mengikuti rangkaian kegiatan seleksi, dengan antusias mereka secara serius mengikuti tahap demi tahap pelaksanaan seleksi, Salah seorang siswa yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, saya bangga walaupun saya harus mundur karena faktor fisik, tahun depan saya perbaiki agar bisa ikut, ungkapnya.

Kegiatan ini setiap tahunnya secara rutin diselenggarakan, guna menjaring bakat para siswa SLTA yang hingga kini masih menjadikan sebuah kegiatan bergengsi, meski cuaca panas dan situasi masih bulan puasa ramadhan, namun semangat mereka cukup tinggi, dikatakan pelatih Paskibra Peltu Supriyo anggota Kodim 0709/Kebumen yang sudah lebih dari 10 tahun sebagai pelatih Paskibra, menurutnya ini sebagai sarana pembinaan karakter para generasi bangsa terhadap NKRI yang berwawasan kebangsaan yang tinggi, jiwa nasionalisme luhur, berjiwa patriotisme, memiliki semangat pantang menyerah, semangat rela berkorban tanpa kenal lelah dan sebagai pembentuk karakter bela negara, saya ingin keteguhan dan kesungguhan dari mereka, ujarnya.

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *