Panen Padi Perdana Demplot Kodim 0709/Kebumen

Panen Padi Perdana Demplot Kodim 0709/Kebumen

Panen Padi Perdana Demplot Kodim 0709/Kebumen

KODIM 0709/KEBUMEN – Setelah menanti hampir tiga bulan, akhirnya Kodim 0709/Kebumen bersama Gapoktan binaan Kodim Purbotani Makmur, Rabu (15/7/15) melakukan Panen Padi Perdana di Demplot Kodim 0709/Kebumen. Panen ini bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Kebumen.

Panen dilakukan di areal sawah Balai Penyuluh Kecamatan seluas 0,252 hektare atau 180 ubin Desa Purbowangi Kec. Buayan Kab. Kebumen. Hasil panen tersebut kali ini meningkat dari masa tanam pertama. Bila pada panen lalu hanya menghasilkan 13 Kwintal dengan provitas 51,61 Kw/hektar. Saat ini hasil yang diperoleh mencapai 22,84 Kwintal dengan provitas 90,61 Kw/hektar, meningkat tajam sebesar 9,84 Kw atau 75,69 % dari masa tanam pertama, hal ini disebabkan Kodim 0709/Kebumen menggunakan varietas Mugibat dan pupuk organik.

“Ketika padi mulai berbuah, saya manfaatkan penggunaan pupuk organik, disamping tanaman jadi sehat, juga tercukupinya kebutuhan asupan makanannya sehingga tangkai padi menjadi lebat dan berpengaruh pada butiran padi jadi berisi dan padat,” terang Serma Nasucha.

Lanjut Nasucha, ini sebagai jawaban kepada masyarakat petani agar bisa menerapkan sistem dan pola tanam yang benar yakni menggunakan teknologi pertanian dengan sistem tanam jajar legowo dengan perbandingan 2 : 1 dan dengan menggunakan varietas mugibat serta penggunaan pupuk organik, saya berharap lahan-lahan pertanian di seluruh wilayah Kabupaten Kebumen agar bisa menerapkannya.

Ulas Nasucha, Dari contoh nyata pada Demplot Kodim di lapangan jika dikembangkan secara luas di seluruh area pertanian Kebumen maka kemakmuran dan kesejahteraan para petani dapat tercapai, tentunya dengan pengelolaan yang intensif dan teratur serta disiplin, kita dapat mendongkrak hasil panen yang cukup luar biasa, ini sebuah prestasi besar dengan luas lahan 180 ubin umumnya hanya mampu menhasilkan 13 Kwintal namun kali ini bisa menembus hasil 22,84 Kwintal, ujarnya menerangkan.

Hadir dalam kegiatan panen perdana lahan Demplot Kodim 0709/Kebumen kali ini yakni Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Catur Teguh Widodo, Danramil Buayan Kapten Czi Paulus Souhuwat, Koordinator PPL Kec. Buayan Bapak Puryadi, Ketua Gapoktan Purbatani Makmur Bapak Jumangin.

Dandim 0709/Kebumen Letnan Kolonel Inf Putra Widyawinaya, S.H dalam sambutannya yang disampaikan Pasiter, “segera dilakukan pendataan sebagai study lapangan atas hasil demplot Kodim dan segera disosialisasikan kepada seluruh Gapoktan dan Kelompok  Tani di seluruh wilayah Kabupaten Kebumen dengan berkoordinasi bersama Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Kebumen sebagai langkah nyata dukungan sukses program pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan nasional.

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *