Pompanisasi Lahan Pertanian Cukupi Kebutuhan Pengairan Sawah

    Pompanisasi Lahan Pertanian Cukupi Kebutuhan Pengairan Sawah

    Pompanisasi Lahan Pertanian Cukupi Kebutuhan Pengairan Sawah

    KODIM 0709/KEBUMEN, Sabtu (18/7/15 ) Anggota Koramil  02/Gombong bersama dengan Kelompok tani dan masyarakat melaksanakan pompanisasi bertempat di Kelurahan Wonokriyo Kecamatan Gombong.

    Curah hujan yang sangat berkurang dan juga berkurangnya pasokan air dari saluran irigasi Sempor karena tidak tersedianya cukupnya debit air di lahan persawahan. Untuk memenuhi kebutuhan air tersebut petani harus mengeluarkan tenaga ekstra yaitu melaksanakan pompanisasi. Hal tersebut dilakukan agar perkembangan tanaman tetap stabil sehingga padi yang dihasilkan pun akan tetap bagus karena tercukupi air.

    Ketua  Gabungan Kelompok Tani  ( Gapoktan ) Bapak Bejo Pamungkas mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI khususnya Koramil 02/Gombong yang telah memberikan pendampingan kepada petani sehingga pelaksanaan pompanisasi bisa segera terlaksana sehingga dampak kekeringan yang melanda lahan pertanian segera bisa teratasi. Bapak Bejo Pamungkas mengharapkan agar pendampingan dan hubungan komunikasi antara TNI dengan masyarakat tetap terjaga dengan baik dan lestari.

    Dengan  dilaksanakan pompanisasi diharapkan pertumbuhan bunga pada tanaman padi tidak akan layu dan tetap segar karena dalam tingkat pertumbuhan bunga pada tanaman padi sangat membutuhkan debit air untuk proses pembuahan. Danramil 02/Gombong Kapten Arm Sudarto menyampaikan kepada seluruh jajaran babinsanya agar melaksanakan pengecekan pada lahan persawahan. Hal tersebut untuk mendata lahan sawah yang mengalami kekeringan supaya segera dilaksanakan pompanisasi  guna mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan.

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *