Teknik Menyemprot Tanaman Yang Tepat

Teknik Menyemprot Tanaman Yang Tepat

Teknik Menyemprot Tanaman Yang Tepat

Kodim 0709/Kebumen – Agar diperoleh hasil yang maksimal dibutuhkan tehnik penyemprotan dengan cara yang tepat hal tersebut sebagai kunci sukses dalam pembudidayaan atau pemeliharaan tanaman pangan khususnya tanaman padi, hal utama yang paling mendasar yakni perlunya perhatian secara khususnya tentang cara perawatan, pemupukan dan pengendalian hama tanaman. Dalam pertanian sendiri pola organik sendiri, pemupukan serta pengendalian hama, rata-rata menggunakan pupuk organik & pestisida organik cair.

Beberapa teknik yang perlu anda miliki adalah penyemprotan, baik itu waktu yang tepat untuk dikerjakan, bagian tanaman yang harus mendapat semprotan, interval menyemprot serta dosis yang tepat. Pada umumnya petani kita kurang memperhatikan masalah ini, jika sudah demikian maka sesuatu yang kita kerjakan kurang maksimal. Hal ini diperagakan Sertu Kentar Babinsa Koramil 11/Mirit setelah mendapatkan pembekalan singkat pertanian di Makodim 0709/Kebumen pada beberapa waktu lalu. Kamis (2/7/15).

Adapun beberapa teknik penyemprotan yang benar untuk segala tanaman sebagai berikut :

Teknik Semprot Tanaman Yang Benar

Teknik dasar yang harus dijadikan pedoman oleh petani organik untuk menyemprot tanaman dengan benar antara lain : 1. Waktu yang tepat, 2. Bagian tanaman yang perlu disemprot, 3. Interval penyemprotan dan 4 Dosis/takaran tepat.

Waktu Yang Tepat

Rata-rata petani tradisional kurang memahami waktu yang tepat untuk menyemprot tanaman, saat yang tepat dalam penyemprotan tanaman memberikan efek terbaik bagi tanaman. Sebaiknya waktu yang anda gunakan untuk pekerjaan meyemprot adalah diwaktu pagi hari mulai pukul 05.00 berakhir pada pukul 09.00 dan sore hari pukul 14.30 berakhir pukul 16.00.

Kenapa harus diantara waktu tersebut?, karena pada saat pukul 09.00 pagi hingga 14.30 sore hari terjadi proses fotosintesis atau pematangan zat-zat tanaman yang di sebarkan dari jaringan daun ke bagian tanaman lainnya. Sehingga pukul 09.00 pagi hingga 14.30 sore hari  bukan waktu yang tepat untuk melakukan penyemprotan, Jika anda menyemprot tanaman pada pukul 05.00 – 09.00 pagi atau 14.30 – 16.00 sore, hal ini sangat tepat. Karena waktu-waktu tersebut saat terbukanya mulut daun (stomata ), sehingga apa yang anda semprot dengan mudah dapat memasuki jaringan daun.

Bagian Tanaman Yang Perlu di Semprot

Faktor kurang efektifnya penyemprotan tanaman oleh kebanyakan petani, juga sangat berdampak bagi tanaman budidaya yang diusahakan. Seperti uraian di atas, bahwa daun memiliki mulut atau stomata yang akan terbuka posisinya pada pukul 05.00 – 09.00 pagi dan  14.30 – 16.00 sore. Dan yang perlu kita ketahui letak stomata atau mulut daun adalah tidak beraturan dan pada bagian bawah daun lebih banyak jumlahnya. Sehingga bagian tanaman yang perlu di semprot adalah pada bagian bawah daun untuk memaksimalkan penyerapan pupuk cair ataupun pengendali hama organik yang anda semprotkan.

Teknik meyemprot tanaman bagian bawah daun

saat hujan lebih efektif jika dibandingkan dengan menyemprot bagian atasnya.

Interval Penyemprotan

Jarak waktu atau interval yang baik untuk melakukan penyemprotan tanaman adalah 5 hari sekali untuk pupuk organik cair dan 7 hari sekali untuk pengendalian hama. Atau dengan pola 5 hari sekali POC, 5 Hari sekali POC dan 7 hari sekali PHO (pengendali hama organik) juga bisa dimulai darai 7 hari sekali PHO dan 5 hari sekali POC, 5 Hari sekali POC. Interval penyemprotan juga tergantung dengan kebutuhan anda, jadi dapat disesuaikan masalah intervalnya.

Dosis Atau Takaran

Pentingnya takaran pupuk organik cair atau pengendali hama merupakan faktor utama dalam menjaga kesehatan serta kesuburan tanaman budidaya anda.  Dosis POC buatan sendiri untuk penyemprotan biasanya mengunakan perbandingan 400 ml POC : 16 liter air dan untuk pengendali hama organik 500 ml : 16 liter air.  Namun dosis tersebut bukanlah ukuran baku, anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan tanaman yang dibudidayan. Nah, demikian artikel tentang Teknik Menyemprot Tanaman Yang Tepat, semoga dapat membantu anda.

 

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *