Kodim 0709/Kebumen Gelar Seminar Kebangsaan, Menuju Peradaban Indonesia Emas 2045

    Kodim 0709/Kebumen Gelar Seminar Kebangsaan, Menuju Peradaban Indonesia Emas 2045

    Kodim 0709/Kebumen Gelar Seminar Kebangsaan, Menuju Peradaban Indonesia Emas 2045

    KODIM 0709/KEBUMEN – Ratusan pemuda dan masyarakat Kab. Kebumen dengan penuh antusias mengikuti kegiatan seminar kebangsaan bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, seminar tersebut secara langsung diisi oleh Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya, S.H yang bertujuan memperkokoh penerapan ilmu luhur budaya bangsa sebagai modal utama menuju Indonesia Emas 2045, Jum’at (28/8/15).

    Diawal acara Dandim berpesan “Jika semua potensi yang kita miliki disatukan maka bangsa dan daerah akan memiliki power yang luar biasa, untuk meningkatkan pembangunan terutama membangun nilai luhur bangsa dan pembangunan dibidang ekonomi serta pertahanan hayati yang lebih efektifnya dilakukan secara bersama,” paparnya

    Dalam seminar kali ini mengetengahkan materi yakni  “MEMPERKOKOH PENERAPAN NILAI LUHUR BUDAYA BANGSA SEBAGAI MODAL UTAMA MENUJU INDONESIA EMAS 2045”. Pada kesempatan tersebut hadir sebagai nara sumber Pj. Bupati Kebumen Drs. H. Moh Arif Irwanto, MSi dengan menyajikan materi tentang “Kesiapan Kebumen Menghadapi Tantangan Masa Depan Menuju Masyarakat yang Maju dan Sejahtera” dan Drs. H. Muh. Dawamudin,M.Ag dengan menyajikan materi “Sejarah Perjuangan Merebut Kemerdekaan dalam Perspektif Kebhinekaan”.

     Kegiatan seminar kali ini diikuti 170 orang yang terdiri dari berbagai elemen, yakni Forkopimda, anggota DPRD, Jajaran TNI/Polri, SKPD Kab. Kebumen, Organisasi kemasyarakatan, LSM, Pemuda/Mahasiswa/Pelajar dan Masyarakat luas.

    Lebih jauh dikatakan Dandim dalam sambutannya menyebutkan bahwa, Terkait dengan uraian di atas, permasalahan mendasar kita sebagai bangsa saat ini, terutama setelah berlangsungnya Reformasi Nasional sejak tahun 1998, adalah bahwa pada satu sisi kita sebagai bangsa mulai kehilangan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, seperti semangat persatuan dan kesatuan, dan semangat gotong-royong, serta mengedepankan Pancasila dalam mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan bangsa; sementara pada sisi lain tanpa banyak kita sadari telah muncul dan berkembang ancaman nyata yang masuk hingga keruang-ruang pribadi rumah tangga di tanah air kita.

    Pada inti seminar disebutkan tentang peran Bangsa Indonesia dalam kaitannya menjadi sangat penting dan strategis bagi para pemuda di Indonesia sebagai calon pemimpin bangsa harus menyadari dan memahami berbagai macam tantangan dan ancaman yang saat ini berkembang. Terutama memahami bahwa dalam kompetensi global yang sangat ketat sekarang ini,  penghancuran sebuah bangsa tidak melulu melalui perang konvensional oleh negara musuh, tetapi juga melalui cara-cara perang baru yang sering kali keberadaannya sukar dikenali secara nyata, namun memiliki efek penghancur yang sama, bahkan bisa jadi lebih dahsyat dari metode perang konvensional. Untuk itulah, kita harus memikirkan berbagai langkah dan penyesuaian  yang harus dilakukan dalam rangka menyikapi perkembangan baru tersebut yang merupakan tantangan dan ancaman terhadap upaya pembangunan  untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan berketahanan nasional.

     

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *