Babinsa Koramil 05/Karanggayam Droping Air bersih Masyarakat

Babinsa Koramil 05/Karanggayam Droping Air bersih Masyarakat

Babinsa Koramil 05/Karanggayam Droping Air bersih Masyarakat

Kodim 0709/Kebumen – Iklim monsoon tropis yang sangat sensitif terhadap anomali iklim El-Nino Southern Oscillation (ENSO). ENSO menyebabkan terjadinya kekeringan apabila kondisi suhu permukaan laut di Pasifik Equator bagian tengah hingga timur menghangat (El Nino). Berdasarkan analisis iklim 30 tahun terakhir menunjukkan bahwa, ada kecenderungan terbentuknya pola iklim baru yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim. Dampak terjadinya perubahan iklim terhadap sektor pertanian adalah bergesernya awal musim kemarau yang menyebabkan berubahnya pola tanam karena adanya kekeringan. Kamis (18/9/15)

Dampak dari musim kemarau nampaknya juga harus dirasakan warga Desa Kalireja Karanggayam yang sudah tiga bulan terakhir ini wilayah Kecamatan Karanggayam kurang mendapat pasokan air bumi, akibatnya warga dan lahan pertanian mengalami kekeringan.

Sertu Sukadi Babinsa Desa Kalireja rupanya merespon keluhan warga akan adanya musim kemarau yang cukup panjang tahun ini, sesuai hasil koordinasi dengan pihak kelurahan dirinya meminta pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen agar segera menyalurkan bantuan berupa air bersih bagi warganya. Sukadi juga menghimbau warga binaannya agar selalu menghemat dan pergunakan untuk keperluan minum dan masak saja, sehingga dapat bertahan hingga droping air berikutnya, lanjut Sukadi, bahwa ada beberapa tahapan upaya yang bisa dilakukan seperti.

1) gerakan masyarakat melalui penyuluhan; 2) membangun/rehabilitasi/pemeliharaan jaringan irigasi; 3) membangun/rehabilitasi/pemeliharaan konservasi lahan dan air; 4) memberikan bantuan sarana produksi (benih dan pupuk, pompa spesifik lokasi); 5) mengembangkan budidaya hemat air dan input (menggunakan metode SRI/PTT). Selanjutnya untuk mengatasi penyebab klimatologis perlu melakukan; 1) penyebaran informasi prakiraan iklim lebih akurat; 2) membuat kalender tanam; 3) menerapkan dan memperhatikan peta rawan kekeringan yang dihasilkan Badan Litbang Pertanian melalui data interpretasi. Untuk mendapatkan sumber data yang akurat dapat juga diperoleh melalui Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Kodim 0709/Kebumen

Website kodim0709.com merupakan situs resmi Kodim 0709/Kebumen, wadah komunikasi TNI di jajaran Kodim 0709/Kebumen dengan masyarakat Kebumen khususnya, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat."Dalam keadaan bagaimanapun, kami selalu ada untuk rakyat..!"

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *