Bersama Masyarakat Pengaringan Tanam Pohon Kelapa

    Bersama Masyarakat Pengaringan Tanam Pohon Kelapa

    Bersama Masyarakat Pengaringan Tanam Pohon Kelapa

    KODIM  0709/ KEBUMEN.     Babinsa  Pengaringan Koramil Pejagoan Serda Suyitno bersama masyarakat Desa Pengaringan Kecamatan  Pejagoan Kabupaten Kebumen melaksanakan kegiatan penghijauan dengan menanam bibit pohon kelapa sebagai upaya untuk mencegah terjadinya tanah longsor ketika saat memasuki musim penghujan. Jum’at (25/9/15)

    Disampaikan Serda Suyitno bahwa, Desa Pengaringan  termasuk  daerah dataran tinggi  yang rawan longsor dan tanahnya labil, terutama jika musim penghujan tiba. Menurut Suyitno, perlu dilaksanakan penanaman bibit pohon kelapa sebagai penahan tanah yang bergerak akibat gerusan air hujan jika saatnya tiba nanti, dan tentunya bila tidak dilaksanakan penanaman pohon tidak menutup kemungkinan akan terjadi tanah longsor .

    Bapak Bedjo Supriono selaku Kepala Desa Pengaringan Kecamatan Pejagoan menyampaikan, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan,  pihaknya telah menghimbau agar  warganya untuk turut aktif melaksanakan program penghijauan dengan menanam bibit pohon kelapa, menurutnya bukan hanya pohon kelapa saja melainkan bibit pohon tanaman kayu keras lainnya seperti, Pohon jati, mahoni, akasia, sengon, jabon dan lain sebagainya.

    Disampaikan pula,  bahwa program penghijauan di desanya dinilai penting karena selain akar pohon sebagai resapan air,  akar pohon juga dapat menjadi penahan erosi   tanah saat hujan deras.

    Disampaikan Serda Suyitno, bahwa kehadirannya di Desa Pengaringan  ini   merupakan salah satu langkah nyata yang melibatkan banyak unsur dalam rangka memelihara hubungan silaturahmi  antara TNI dan rakyat  sekaligus sebagai upaya menciptakan lingkungan kehidupan yang hijau.

    Lebih lanjut disampaikan, bahwa penghijauan ini nantinya pohon-pohon yang ditanam tersebut  akan   mendatangkan nilai tambah bagi perekonomian warga. Saya harapkan setiap warga yang melaksanakan penebangan pohon yang sudah dewasa, hendaknya warga menyiapkan pengganti bibit pohon yang baru. Ujarnya

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *