Dandim 0709/Kebumen Serukan Revitalisasi KB Kesehatan

    Dandim 0709/Kebumen Serukan Revitalisasi KB Kesehatan

    Dandim 0709/Kebumen Serukan Revitalisasi KB Kesehatan

    Rapat koordinasi  teknis bakti sosial TNI KB Kesehatan Kodim 0709/Kebumen dengan Dinas BPPKB Kab. Kebumen bertempat di aula Makodim setempat, dalam kegiatan tersebut  membahas percepatan program KB Kesehatan terpadu tingkat Kabupaten Kebumen tahun 2015 yang dipimpin Kepala Staf Kodim yang diikuti oleh para Danramil, Babinsa, Kepala BPPKB, Kepala Dinas Kesehatan, Kabag Humas, Sekretaris Disperindagsar, para Kepala UPT BPPKB Kecamatan se-Kab. Kebumen dan perwakilan dinas terkait serta undangan lainnya, Senin (31/8/15).

    Rapat ini dimaksudkan untuk memberi gambaran kepada tiap unsur terkait tentang rencana penyelenggaraan kegiatan bakti sosial TNI KB Kesehatan yang diselenggarakan secara terpadu di seluruh wilayah Kodim 0709/Kebumen dengan tujuan percepatan Revitalisasi Program KB Nasional, hal tersebut disampaikan oleh  Kasdim 0709/Kebumen Mayor Arm E. Supardjo.

    Kegiatan tersebut guna menyambut kesiapan tim penilai tingkat provinsi yang rencananya akan diselenggarakan pada Selasa (8/9/15) mendatang di Makodim 0709/Kebumen dengan materi kegiatan Pencanangan, Pelayanan KB dan Pelayanan Kesehatan.

    Lebihlanjut dalam sambutan Dandim yang dibacakan Kasdim menyampaikan pokok-pokok penting terkait kegiatan tersebut, berikut petikan sambutan Kasdim dalam rapat teknis kali ini sebagai berikut.

    UNTUK MENGAWALI SAMBUTAN SAYA, MARI KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA ESA, KARENA HANYA ATAS LIMPAHAN RAHMAT, TAUFIQ DAN HIDAYAHNYA, KITA SEMUA DAPAT MENGHADIRI DAN MENGIKUTI PELAKSANAAN RAPAT KOORDINASI TEKNIS BAKTI SOSIAL TNI KB KES KODIM 0709/KBM BEKERJASAMA BPPKB KAB. KEBUMEN DALAM KEADAAN SEHAT WAL’AFIAT.

    HADIRIN YANG SAYA HORMATI.

    TUJUAN AWAL PROGRAM KB ADALAH, MEMBENTUK KELUARGA KECIL SESUAI DENGAN KEKUTAN SOSIAL EKONOMI SUATU KELUARGA DENGAN CARA PENGATURAN KELAHIRAN ANAK, AGAR DIPEROLEH SUATU KELUARGA BAHAGIA DAN SEJAHTERA YANG DAPAT MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUPNYA.

    DISAMPING ITU, KB JUGA BERTUJUAN SEBAGAI PENGATURAN KELAHIRAN, PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN, PENINGKATAN KETAHANAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA.

    LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK YANG CUKUP PESAT DALAM RANAH DEMOGRAFI SEBENARNYA KAB. KEBUMEN TELAH BERADA DI JALUR YANG BENAR, SEHINGGA HANYA TINGGAL MELAKUKAN PEMBINAAN YANG INTENSIF TERHADAP KEBERADAAN PESERTA KB AKTIF AGAR TIDAK MENGALAMI DROP OUT (DO). TERMASUK MENGINTENSIFKAN GERAKAN PELAYANAN KB PRIA (MOP) DI KAB. KEBUMEN.

    UNTUK ITU, SAYA MENGUCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA SEMUA PIHAK YANG BERPARTISIPASI DALAM PROGRAM PERCEPATAN PELAKSANAAN KB KES INI. MELALUI KEGIATAN INI MARI KITA GELORAKAN KEMBALI SPIRIT GERAKAN KB. SEBUAH SPIRIT YANG PERCAYA BAHWA DUA ANAK CUKUP.

    BER KB BUKAN SAJA MERINGANKAN BEBAN KEUANGAN KELUARGA. NAMUN JUGA MERUPAKAN SEBUAH TINDAKAN YANG SUNGGUH MULIA, YAITU SEBUAH TINDAKAN UNTUK IKUT BERTANGGUNGJAWAB ATAS MASA DEPAN KEBERLANGSUNGAN BUMI TEMPAT KITA SEMUA BERPIJAK.

    PROGRAM KB, BUKAN SEKEDAR MENUNDA USIA PERKAWINAN DAN MENGATUR KELAHIRAN SEMATA TETAPI SECARA HAKIKI MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT AGAR MEREKA SELALU HIDUP RUKUN, DAMAI DAN PENUH KASIH SAYANG.

    HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

    TITIK STRATEGIS PROGRAM KB SALAH SATUNYA ADALAH SEBAGAI PENGENDALI TERJADINYA LEDAKAN JUMLAH PENDUDUK YANG SEKARANG BANYAK DIALAMI OLEH KOTA – KOTA BESAR DAN TELAH MENYEBABKAN BERBAGAI PERMASALAHAN SOSIAL YANG TERUS MENINGKAT BAIK KUANTITAS MAUPUN KUALITASNYA.

    PERTUMBUHAN DAN JUMLAH PENDUDUK DI KAB. KEBUMEN HARUS BISA DIKENDALIKAN. KARENA AKAN ADA RENTETAN PERMASALAHAN SERIUS YANG AKAN DIHADAPI JIKA KABUPATEN INI MENGALAMI KELEBIHAN JUMLAH PENDUDUK. MULAI DAYA DUKUNG LINGKUNGAN, BEBAN SOSIAL, KOMPETISI SUMBER – SUMBER EKONOMI, HINGGA BENTURAN BUDAYA DIANTARA WARGA MASYARAKATNYA. KONDISI INI PERLU DIANTISIPASI DAN DICEGAH SEJAK DINI.

    SELAIN ITU, MENJAGA JUMLAH PENDUDUK DALAM KONDISI IDEAL BERARTI KITA MEWARISKAN KONDISI WILAYAH YANG BAIK DAN MENDUKUNG KETAHANAN NASIONAL BAGI GENERASI MENDATANG. MENGINGAT ANAK DAN CUCU KITA JUGA PERLU DAN BERHAK  ATAS UDARA SEGAR UNTUK BERNAFAS, TANAH YANG SUBUR UNTUK BERCOCOK TANAM, AIR JERNIH UNTUK SUMBER KEHIDUPAN, DAN KONDISI SOSIAL BUDAYA YANG LAYAK UNTUK HIDUP.

    SEBAGAI SOLUSINYA, TIDAK ADA JALAN LAIN KECUALI DENGAN MEMBERIKAN PELAYANAN KB YANG BERKUALITAS YANG DISERTAI DENGAN UPAYA-UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN KELUARGA.

    HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

    CIPTAKAN MOMENTUM YANG STRATEGIS SEBAGAI BAGIAN DARI UPAYA PERCEPATAN PELAKSANAAN REVITALISASI PROGRAM KB DALAM UPAYA PENGENDALIAN JUMLAH PENDUDUK UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA KECIL, SEHAT, BAHAGIA DAN SEJAHTERA SERTA MEWUJUDKAN KESIMBANGAN PENDUDUK DENGAN DAYA DUKUNG ALAM LINGKUNGANYA. SELAIN ITU DAPAT JUGA DIJADIKAN SEBAGAI MODAL PEMBANGUNAN.

    UNDANG-UNDANG NOMOR 52 TAHUN 2009 TENTANG PERKEMBANGAN KEPENDUDUKAN DAN PEMBANGUNAN KELUARGA MENYATAKAN BAHWA KEPENDUDUKAN ADALAH HAL YANG BERKAITAN DENGAN JUMLAH, STRUKTUR, PERTUMBUHAN, PENYEBARAN, MOBILITAS, PERSEBARAN, KUALITAS DAN KONDISI KESEJAHTERAAN YANG MENYANGKUT POLITIK , EKONOMI, SOSIAL BUDAYA, AGAMA DAN LINGKUNGAN SEKITARNYA. SEDANGKAN KELUARGA BERENCANA ADALAH UPAYA MENGATUR KELAHIRAN ANAK, JARAK DAN USIA IDEAL MELAHIRKAN, MENGATUR KEHAMILAN.

    PENJABARAN DAN TINDAK LANJUT PELAKSANAAN PERCEPATAN REVITALISASI PROGRAM KELUARGA BERENCANA KESEHATAN MELALUI BAKTI SOSIAL  TNI KELUARGA BERENCANA KESEHATAN DAPAT TERWUJUD MELALUI KERJASAMA ANTARA PEMERINTAH  KABUPATEN DENGAN KOMANDO KEWILAYAHAN (KODIM 0709/KEBUMEN). INI HARUS DIAPRESIASIKAN OLEH SELURUH JAJARAN BAIK TNI MAUPUN INSTANSI TERKAIT, TINGKATKAN KEPEDULIAN DAN TANGGUNG JAWAB MORAL UNTUK KEBERHASILAN PROGRAM KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA.

    HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

    PROGRAM BAKTI SOSIAL INI ADALAH SEBAGAI UPAYA MEMBANTU PEMBANGUNAN DIBIDANG KEPENDUDUKAN DAN KESEHATAN MASYARAKAT SERTA BERTUJUAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA  DAN BERNEGARA SEHINGGA TERWUJUD KETAHANAN WILAYAH YANG TANGGUH DALAM MENGHADAPI BERBAGAI BENTUK ANCAMAN, GANGGUAN, HAMBATAN, DAN TANTANGAN  SEHINGGA DIHARAPKAN DAPAT MENJAWAB ASPIRASI DAN KEPENTINGAN  MASYARAKAT. SESUAI AGENDA RAPAT KALI INI, MARI KITA TINGKATKAN KINERJA DAN PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK PERCEPATAN PENCAPAIAN SASARAN PEMBANGUNAN DAN KB TAHUN 2015, JADIKAN SEBAGAI PEDOMAN DALAM PENYELENGGARAANNYA, AGAR SESUAI DENGAN TUJUAN DAN SASARAN YANG INGIN DICAPAI.

    DEMIKIAN BEBERAPA HAL YANG BISA SAYA SAMPAIKAN, SEMOGA RAPAT KOORDINASI TEKNIS BAKTI SOSIAL KB KES PADA HARI INI SUKSES DEMI TERCAPAINYA KELUARGA KECIL BAHAGIA SEJAHTERA.

    WASALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH

    Usai pemaparan acara ini dilanjutkan dengan  diskusi membahas secara teknis tentang persiapan untuk kegiatan bakti sosial TNI KB Kes Terpadu tahun 2015, sehingga acara pada Selasa mendatang akan berjalan dengan baik.

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *