Kodim 0709/Kebumen Bersama Warga Ambalkumolo Bangun Jembatan Gantung

    Kodim 0709/Kebumen Bersama Warga Ambalkumolo Bangun Jembatan Gantung

    Kodim 0709/Kebumen Bersama Warga Ambalkumolo Bangun Jembatan Gantung

    KODIM 0709/KEBUMEN – Puluhan anggota Kodim 0709/Kebumen dikerahkan bersama warga puluhan warga Desa Ambalkumolo Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen dan warga Desa Kedungsari Kecamatan Klirong bergotong royong membangun jembatan gantung penghubung dua wilayah tersebut. Minggu (13/9/15).

    Gotong royong kali ini bukan hanya melibatkan warga desa setempat saja namun juga dibantu oleh warga Desa Rantewringin Kecamatan Buluspesantren. Teriknya sinar matahari tidak menyurutkan semangat warga yang dibantu TNI dari Kodim 0709/Kebumen, dengan suka rela mereka meluangkan waktu dan tenaganya untuk bersama-sama terjun ke Sungai Luk Ulo, bahu membahu membangun jembatan gantung baja yang merupakan bantuan dari Mr Toni Rüttimann seorang relawan asal Swiss.

    Tidak hanya kerja bakti saja yang warga dan TNI kerjakan tetapi juga digelar kegiatan kenduri yakni ritual bertujuan supaya pembangunan jembatan yang berukuran 50 x 1,8 meter tersebut  berjalan aman, lancar, dan selamat tanpa menemui hambatan.

    Menurut Danramil 13/Buluspesantren Kapten Arh Siswoto Nurharjo menjelaskan bahwa, peletakan batu pertama dilaksanakan pada pondasi yang berukuran 3 x 2 x 2,8 meter. Dijelaskannya, proses perencanaan pembangunan jembatan tersebut sudah berlangsung. Dimulai dari sosialisasi yang telah dilaksanakan di Kantor Balai Desa Ambalkumolo, pada Rabu (9/7/2015). “Kami berharap jembatan gantung akan membuka akses perekonomian yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

     

    Adanya pembangunan jembatan, sangat disyukuri oleh warga masyarakat. Pasalnya selama ini hanya terdapat satu jembatan yaitu jembatan sasak yang berada di Desa Rantewringin, tepatnya di sebelah barat Pasar Warung Pring.  Toni Rüttimann pria kelahiran Pontresina, 21 Agustus 1967 adalah pembangun jembatan asal Swiss yang bekerja di wilayah Asia Tenggara dan di Amerika Latin. Yang lebih dikenal sebagai Toni El Suizo atau Toni The Swiss. Dalam pelaksanaannya mengedepankan kerjasama dengan masyarakat lokal, Toni telah membangun lebih dari 648 jembatan  yang digunakan oleh 1,9 juta orang. Di Kebumen sendiri, Toni Ruttiman sudah sedang membangun dua jembatan. Sebelum di Buluspesantren, Toni juga sudah membangun jembatan serupa di Desa Totogan Kecamatan Karangsambung, Juli lalu.

     

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *